Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Lanjut Sikapi Problem Negara dan Kampus, Mahasiswa Lakukan Aksi Jumatan

Beberapa Mahasiswa Melakukan Aksi Jumatan di Bundaran Rektorat Unand, pada Jumat (20/09/2019). (Foto: Anggi Putri Rizkya)

gentaandalas.com- Banyaknya permasalahan di negara dan kampus ini, seperti Revisi UU KPK, UU Pemasyarakatan dan PTN-BH mendorong mahasiswa Universitas Andalas (Unand) lakukan aksi statis berupa himbauan agar mahasiswa sadar akan permasalahan tersebut sekaligus menarik partisipan. Beberapa mahasiswa dari berbagai lembaga dan non-lembaga mengikuti aksi di simpang bundaran Rektorat Unand, pada Jumat (20/09/2019).

Ketua PHP Unand Abdis Sallam Fajri mengatakan bahwa mahasiswa pernah melakukan konsolidasi dan disepakati akan melaksanakan aksi seperti ini setiap Jumat.

“Aksi yang dilakukan pada Jumat lalu tidak membuahkan hasil, maka aksi lanjutan dilakukan pada hari ini,” kata Abdis.

Lebih lanjut Abdis menjelaskan bahwa isu besar yang dipermasalahkan sekarang ini adalah reformasi di korupsi. Pemerintah dan DPR banyak melemparkan isu ke publik, pengesahan Revisi UU KPK, UU Pemasyarakatan, permasalahan ketua KPK yang pernah melanggar kode etik berat dan untuk yang di Unand ada PTN-BH. Menurutnya pengesahaan Revisi UU KPK terlalu cepat, yakni hanya dalam 13 hari. Seharusnya sesuai proglegnas tahunan dan pengesahannya bertepatan dengan pemilihan ketua KPK dan akhir masa jabatan DPR.

Selain itu, untuk isu internal kampus, mahasiswa mengkritik status PTN-BH dan keamanan Unand. Tiba-tiba mereka melakukan rapat tertutup dan semua fraksi setuju tentang itu. Banyak pasal-pasal yang berpotensi melemahkan bahkan membunuh KPK.

“Sebab semakin kemari, mahasiswa semakin sulit mendapatkan pendidikan dengan adanya kenaikan dana PI, tidak bisa banding UKT bagi anak mandiri 2019,” ungkap Abdis.

Reporter : Nurul Anisaazwir dan Rahmadina Firdaus

Editor : Ramadanil Fajri

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here