Pemadaman api oleh tim pemadam kebakaran Unand di Simpang Pool Bus Unand pada Sabtu, (16/4/2022). (Genta Andalas/Dok. Pribadi)

Padang, gentaandalas.com- Terjadi kebakaran lahan di Universitas Andalas (Unand) yang berlokasi di Simpang Pool Bus Unand pada Sabtu malam, (16/4/2022). Satpam Unand, Asril menjelaskan bahwa kejadian tersebut diketahui ketika tim keamanan kampus melakukan patroli malam.

“Kejadian sekitar pukul 21.00 WIB saat salat tarawih. Kami melihat kobaran api ketika kami melakukan patroli,” katanya saat diwawancarai Genta Andalas pada Sabtu, (16/4/2022).

Mengetahui hal tersebut, tim keamanan kampus langsung mengerahkan mobil pemadam kebakaran milik Unand untuk melakukan pemadaman.

“Kami membawa 1 unit damkar ke lokasi. Pemadaman dilakukan dua kali dan berhasil dipadamkan seluruhnya pada pukul 22.00 WIB,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Asril menyebutkan bahwa tim pemadam kebakaran mengalami kendala saat melakukan pemadaman.

“Kami kesulitan memadamkan api karena tumpukan sampah dan daun kering di lokasi ditambah dengan bocornya slang air dan pompa yang macet,” ungkap Asril.

Selain itu, Asril dan tim pemadam kebakaran kampus juga kesulitan disebabkan kurangnya alat pelindung diri (APD).

“Kesulitan lain disebabkan kami kekurangan alat seperti helm, jaket, sarung tangan, hingga sepatu sehingga kami sering berkontak langsung dengan api dan baranya,” ungkap Asril.

Luas area yang terbakar 50 meter persegi dan dipastikan tidak ada korban jiwa.

“Sejauh ini tidak ada korban maupun kerugian yang diakibatkan,” pungkas Asril.

Hingga saat ini penyebab kebakaran belum dapat dipastikan.

Reporter: Icha Putri dan Geliz Luh Titisari
Editor: Efi Fadhillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here