Beranda Berita

Kurikulum Baru, Angkatan 2016 Fakultas Pertanian Wajib Magang

 

Dekan fakultas pertanian Universitas andalas, Munzir Busniah.  (Foto: Nurul Fatimah)

gentaandalas.com- Fakultas Pertanian Universitas Andalas (FP Unand) mengeluarkan kebijakan kurikulum baru dan menjadikan magang sebagai mata kuliah wajib fakultas untuk angkatan 2016, namun magang tidak wajib diambil oleh angkatan 2015.

Dekan FP Unand Munzir Busniah mengatakan magang tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa yang telah dipelajari di kelas selama lima semester. “Magang sudah bisa dimulai dari semester lima dan paling lambat semester tujuh, karena semester tujuh mahasiswa harusnya sudah bisa tamat,” katanya saat ditemui di ruangannya, Rabu (3/10/2018).

BACA JUGA:  Fateta Siap Terima Maba Teknologi Industri Pertanian 2019

Kata Munzir, fakultas menyerahkan sistem pelaksanaan magang ke program studi masing-masing. Segala sistem pelaksaan magang merupakan kewenangan dari prodi, sedangkan kewenangan fakultas hanyalah menetapkan magang sebagai mata kuliah wajib fakultas.

Mahasiswa pertanian jurusan Agroteknologi, Husnul Fitri mengatakan magang merupakan sarana pendukung dalam pengaplikasian ilmu yang telah didapat selama kuliah. Selain itu, magang juga berguna untuk mendapat ilmu baru dan pengalamanm baru.

“Soalnya penerapan ilmu yang didapat saat kuliah dan praktikum berbeda dengan saat di lapangan. Selain itu dengan magang mahasiswa sedikit tahu bagaimana rasanya di dunia kerja nanti setelah kuliah,” kata Fitri.

BACA JUGA:  Festival Sumarak Tradisi Minangkabau

Hanya saja, Fitri mengeluhkan lamanya proses pengurus surat pengantar magang di prodi yang akan ditujukan kepada calon perusahaan tempat magang. Situasi ini, kata Fitri, menjadi kebimbangan bagi calon mahasiswa magang, sebab banyak perusahaan yang menuntut agar surat pengantar cepat masuk agar jadwal magang dapat segara diatur.

Reporter: Nurul Fatimah dan Uswqatun Hasanah

Editor: Endrik Ahmad Iqbal

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here