Beranda Berita Kurangnya Minat Mahasiswa Menjadi Presma

Kurangnya Minat Mahasiswa Menjadi Presma

Capres dan Cawapres dalam pengenalan pasangan calon tunggal Capres dan cawapres Pemira KM Unand 2017 di Kolam Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Senin (20/11/2017).

gentaandalas.com- Tingginya sikap apatis dan rendahnya jiwa pemimpin mahasiswa saat ini, menjadi kegamangan tersendiri bagi Calon Presiden (Capres) BEM KM Unand periode 2018-2019. Kekecewaan tersebut langsung dituturkan oleh pasangan tunggal Faizil Putra dan Teguh Tegas Kata dalam pengenalan pasangan calon (paslon) tunggal Capres dan Cawapres Pemira KM Unand 2017 di kolam Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Senin (20/11/2017).

Wakil presiden periode 2015-2016 Nanda Fazli mengungkapkan hal yang serupa, walaupun didukung oleh fasilitas yang memadai, namun kaderisasi yang berkontribusi menjadi pemimpin sangat minim. Dikhawatirkan untuk kepemimpinan selanjutnya tidak ada lagi kaderisasi.

“Banyak mahasiswa Unand yang hebat untuk menjadi pemimpin, namun sayang sedikit dari mereka yang mau turun ke lapangan,” ungkapya.

Hal yang hilang tahun ini, kata Faizil, pemilihan presiden dan wakil presiden tak lagi dipenuhi oleh nuansa persaingan sehat. Biasanya, setiap pasangan calon membawa massa pendukung untuk memeriahkan rangkaian Pemira ini.

“Kenapa hanya satu paslon, diawal pendaftaran terdapat sepuluh pasangan yang mengambil formulir pendaftaran. Tiga pasangan yang mengembalikan bukti berkas, kemudian diakhir penutupan hanya dua pasangan yang dinyatakan siap maju ke KM Unand. Tetapi di pertengahan perjalanan, kami dapat laporan bahwa calon yang satu lagi cawapresnya mengundurkan diri,” paparnya.

Mengantisipasi hal ini terjadi lagi, kata Faizil, langkah kedepan yang diterapkan dari paslon ini adalah dengan sistem door to door, yaitu dengan mencari bibit-bibit pemimpin terutama antar fakultas, tidak terkecuali bagi kampus dua Payakumbuh dan kampus tiga Dharmasraya.

“Kami nantinya akan melakukan aksi serentak sesuai dengan kondisi Indonesia saat ini, namun ini semua butuh dukungan dari warga Unand, kedepannya kami akan menjamin seratus orang lebih dalam kabinet guna untuk mencari bibit pemimpin,” tuturnya.

Reporter : Metria Indeswara

Editor      : Endrik Ahmad Iqbal

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here