Beranda Berita KSR PMI Unand Ajak Pemuda Jadi Relawan di Era Digital

KSR PMI Unand Ajak Pemuda Jadi Relawan di Era Digital

Seminar Nasional Pelatihan Humanitarian Mapping dalam rangka memperingati ulang tahun PMI ke-72 dan KSR PMI Unit Unand yang ke-18 di Ruang Seminar PKM Unand, Senin (20/11/2017).

gentaandalas.com– “Semua bisa jadi relawan penanggulangan bencana hanya bermodalkan laptop dan internet saja,” ajak Tri Selasa Pagianti selaku pembicara Humanitarian Open Street Map Team (HOT) pada acara seminar nasional KSR PMI Unand di ruang seminar PKM, Senin (20/11/2017).

Tri menjelaskan, Open Street Map adalah peta dunia gratis yang dapat diedit dan digunakan oleh siapapun. “OpenStreetMap ini mudah digunakan, gratis tidak dipungut biaya, akurat, terupdate dan bebas mengkostumisasi peta,” jelasnya.

Kasubdit penanganan dini BNPB Bambang Surya Putra juga mengenalkan aplikasi InaSAFE yang dapat diakses untuk membantu penanggulangan bencana dengan membuat suatu skenario dampak bencana dan tindakan yang harus diambil apabila bencana terjadi.

“Kalau sudah ada peta detail, kita dapat mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya,” tuturnya.

Bencana hidrologi, kata Bambang, paling banyak terjadi sehingga peran teknologi sangat penting.

Seminar ini merupakan bagian dari pekan kepalangmerahan dengan mengundang peserta dari KSR PMI se-Indonesia dan menghadirkan Kasubdit Peringatan Dini BNPB, Humanitarian Open Street Map Team (HOT), Disaster Management Innovation (DMI), dan PMI Provinsi Sumatera Barat sebagai narasumber.

Reporter : Vivi Oktaviani dan Qudwatun Nisaa

Editor     : Rafikha Novita Sari

 

2 KOMENTAR

  1. Seminar nasional ini merupakan bagian dari kegiatan Pelatihan Nasional Humanitarian Mapping yang termasuk dalam rangkaian kegiatan Pekan Kepalangmerahan 2017.
    Pekan Kepalangmerahan 2017 diselenggarakan untuk memperingati HUT Palang Merah Indonesia ke-72 sekaligus HUT KSR PMI Unit UNAND ke-18 dengan tema “Memperjuangkan Kemanusiaan di Bawah Sayap Kepalangmerahan”.

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here