Beranda Berita Liputan

Kotak Amal Masjid Nurul Ilmi Unand Dibobol Maling

Kotak Amal Masjid Nurul Ilmi Universitas Andalas, Kamis (4/4/2019) (Foto: Gifra Sentia)

gentaandalas.com- Kotak Amal Masjid Nurul Ilmi (MNI) Universitas Andalas (Unand) kembali dibobol maling dini hari tadi, Kamis (4/4/2019). Kejadian tersebut baru diketahui oleh petugas dan pengurus masjid sekitar pukul 07.30 WIB pagi.
Firdaus, petugas sapu masjid melihat kotak amal yang terbuka saat menyapu di pagi hari, dan ia melaporkannya kepada garin masjid.

Garin MNI Muslim mengatakan, kotak amal tersebut masih utuh pada malam hari sekitar pukul 00.00, ketika sholat subuh tidak ada ke area belakang dikarenakan itu bagian wanita, ia pun tidak mengetahui kejadian tersebut, dan baru menyadari saat Firdaus melaporkannya.

Muslim menduga bahwa pelaku menggunting bagian kotak amal menggunakan gunting khusus.

”Mulanya, pelaku mencoba menggunting di bagian samping kotak amal yang digembok. Namun pada akhirnya ia menggunting bagian atas kotak amal, dan megambilnya menggunakan tangan,” ujar Muslim

Muslim menjelaskan bahwa kotak amal dibuka sekali sebulan, dan kotak amal yang dibobol tersebut belum dibuka sama sekali dalam sebulan terakhir. Jika diperkirakan di dalam kotak amal tersebut berjumlah kurang dari 1.000.000 rupiah.
”Tidak semua uang yang terambil dan masih tersisa pada bagian bawah dalam kotak amal tersebut, diperkirakan tangan si pelaku tidak dapat masuk dan menjangkau bagian dalam,” jelas Muslim.

Ketua Pengurus MNI Yaswirman menuturkan bahwa kemalingan di MNI sudah terjadi berkali – kali. Padahal kotak amal yang sekarang sudah diberi plat tebal.
”Walaupun sudah diperbaharui kotaknya, namun tetap saja dibobol maling,” tutur Yaswirman.

Berdasarkan kejadian tersebut, kemalingan kali ini ditanggapi oleh Rektor Unand Tafdil Husni. Ia mengatakn bahwa MNI akan dilengkapi dengan CCTV untuk ke depannya agar masjid selalu terpantau, kemudian kotak amal akan dibuka sekali seminggu, dengan harapan agar maling tidak membobol lagi kotak amal MNI.

Reporter : Gifra Sentia dan Iqbal Tri Junaidy
Editor : Ramadanil Fajri

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here