(Ilustrator/Aisyah Luthfi)

Padang, gentaandalas.com- Komunitas Unand E-Sport dan SRE (Society of Renewable Energy) direncanakan akan menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru di Universitas Andalas (Unand). Direktur Kemahasiswaan Unand, Khandra Fahmy menyampaikan bahwa hingga saat ini kedua komunitas tersebut telah mengajukan komunitasnya untuk menjadi UKM baru di Unand, tetapi dari kedua komunitas tersebut belum melakukan pemenuhan persyaratan.

“Merujuk pada Peraturan Rektor No. 26 Tahun 2022 tentang Kemahasiswaan, bahwa diperlukannya pemenuhan persyaratan untuk menjadi UKM baru di Unand seperti berkas dan lainnya. Setelah itu, bahan pemenuhan persyaratan tersebut akan diajukan oleh Kemahasiswaan ke Wakil Rektor I Unand,” ujar Khandra pada Selasa (27/12/2022).

Selain itu, Khandra menjelaskan jika berkas pemenuhan persyaratan tersebut telah dipenuhi dan telah masuk ke WR I Unand, maka akan ada proses verifikasi terlebih dahulu dari Direktorat Kemahasiswaan. Selanjutnya, akan dibentuk tim dalam membentuk urgensi, dampak dan segala hal yang berkaitan dengan calon UKM tersebut. Apabila rencana tersebut disetujui maka Kemahasiswaan akan menata ulang peletakan sekretariat masing-masing UKM di Unand dan mencarikan tempat yang tepat untuk menjadi sekretariat calon UKM tersebut di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa.

Unand E-Sport adalah komunitas yang bergerak dibidang electronical sport. Selanjutnya, komunitas SRE (Society of Renewable Energy) adalah komunitas yang bergerak dibidang energi terbarukan.

Ketua dari komunitas Unand E-Sport, Taufik Akbar menyampaikan bahwa antusiasme mahasiswa Unand yang cukup tinggi terhadap E-Sport menjadi sebuah alasan untuk mengembangkan komunitas Unand E-Sports ini menjadi salah satu UKM di Unand.

“Selain antusiasme mahasiswa Unand yang cukup tinggi, perkembangan industri E-Sport juga cukup baik dan signifikan. Kedua hal ini yang membuat kami memutuskan untuk mengembangkan komunitas ini menjadi salah satu UKM baru di Unand,” tutup Taufik.

Founder dari komunitas SRE Unand, Lendy Aditya menjelaskan alasan mengembangkan komunitas ini menjadi salah satu UKM di Unand. “Kami ingin memperkenalkan dan mewadahi mahasiswa bahwa energi terbarukan akan mempunyai pengaruh sangat besar terhadap lingkungan saat ini ,” jelas Lendy pada Rabu (28/12/2022).

Selain itu, Lendy juga menambahkan bahwa perencanaan komunitas SRE sebagai bagian dari UKM di Unand juga disebabkan ingin mendukung salah satu tujan dari pemerintah dalam Presidensi G-20 terkait transisi energi dari fosil ke energi yang lebih bersih.

Oleh: Putri Salsabila Eryadi dan Fadhilah Lisma Sari

Editor: Haura Hamidah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here