(Genta Andalas/dok. Pribadi)

Padang, gentaandalas.com- Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas (Unand) periode Juli-Agustus yang dijadwalkan pada 7 Juli 2021 diundur hingga tanggal 12 Juli 2021. Hal ini dikarenakan perlunya waktu sosialisasi dan diskusi antara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dengan mahasiswa KKN sebelum melaksanakan program kerja (Proker).

“Sebaiknya ada waktu antara DPL dan mahasiswa untuk berdiskusi setelah pelepasan oleh Rektor. Jika satu dua hari setelah pengumuman DPL baru bersosialisasi dan langsung turun lapangan akan repot,” jelas Koordinator Kerja Sama KKN Montesqrit via telepon pada Senin (5/7/2021).

Mostesqrit melanjutkan, pelepasan KKN akan tetap dilaksanakan pada 7 Juli 2021 sesuai agenda yang telah disusun bersama Rektor, karena Rektor punya agenda yang padat. Sementara itu, penempatan DPL akan diumumkan paling lambat Selasa, 6 Juli 2021.

Sekali pun pelepasan KKN dilakukan tanggal 7 Juli, Montesqrit mengatakan proker baru bisa dijalankan pada tanggal 12 Juli. Walaupun diundur, pelaksanaan KKN tidak akan mengganggu perkuliahan di semester ganjil.

“Selesainya insyaallah tanggal 21-22 Agustus, semester baru kan di awal September jadi tidak akan mengganggu awal semester,” ujar Montesqrit.

Terkait penilaian akan diserahkan kepada DPL, karena DPL punya wewenang untuk menilai sekaligus penyambung tangan dari UPT KKN.
Selain itu, mengenai isu yang beredar terkait mahasiswa KKN yang mengambil kuliah Semester Pendek (SP) Montesqrit mengatakan hal tersebut tidak diperbolehkan sekali pun dilaksanakan secara daring. Hal ini karena mahasiswa tidak akan fokus menjalankan KKN dan kuliah secara bersamaan.

“KKN harus fokus selama 40 hari full, sementara SP jadwalnya dipadatkan, tentu tidak dapat berbagi. Kreativitas mahasiswa juga akan terganggu jika disambil dengan kuliah,” kata Montesqrit.

Contact Person KKN daerah Banten, Muhammad Ravel Satria sangat menyayangkan banyaknya kesalahan informasi dan persepsi terkait pelaksanaan KKN saat ini.

“Ini terjadi karena kurangnya persiapan UPT dalam menggelar KKN tahun ini, baik dalam sosialisasi, penentuan DPL, hingga sekarang saja DPL belum dibagikan,” jelas Ravel via WhatsApp.

Jika hal ini dipersiapkan dari awal maka masalah tersebut tidak akan terjadi. Melihat ke belakang, Ravel memaparkan dalam penyampaian sosialisasi saja, UPT KKN tidak dapat memfasilitasi seluruh mahasiswa KKN yang jumlahnya ribuan.

Reporter : Linda Susanti dan Efi Fadhillah
Editor : Suhada Tri Marneli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here