Beranda Berita

Kesalahan Sistem Manual, Pengumuman Kelulusan Proposal PKM Direvisi

Sejumlah mahasiswa yang memberikan proposal ke ruang Kemahasiswaan, Unand, Selasa (13/11/2018).

gentaandalas.com-  Universitas Andalas (Unand) merevisi hasil kelulusan proposal Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2018. Hal itu dilakukan setelah perubahan sistem yang dilakukan pihak panitia. Awalnya, guna memudahkan pengumpulan proposal, panitia menggunakan sistem pengumpulan secara online. Namun, panitia memutuskan untuk mengumpulkan proposal secara manual karena terdapat sejumlah kendala dalam sistem online itu.

“Saat penggunaan sistem online saja memiliki kendala, apalagi saat penggunaan sistem manual. Banyak mahasiswa mengumpulkan berkas saat hari terakhir pengumpulan, sehingga kami kewalahan mengumpulkan dan ini menyebabkan panitia tidak bisa mengidentifikasi mahasiswa yang menjadi ketua lebih dari satu PKM dan dosen yang membimbing lebih dari sepuluh PKM,” ujar salah satu panitia PKM, Rahmadi Kurnia, saat diwawancarai kru Genta Andalas, Jumat, (14/12/2018).

Rahmadi mengungkapkan, tak hanya ketidakmampuan mengidentifikasi, dalam sistem manual  ini juga terjadi human error ketika ada mahasiswa yang mengaku sudah mengumpulkan berkas, tetapi berkas tersebut tidak ditemukan.

BACA JUGA:  Sudah Satu Semester, KTM Maba 2018 Belum Dibagikan

Ia menambahkan, mahasiswa yang menjadi ketua di dua skim yang berbeda dan keduanya bernilai tinggi, akan dipilih salah satunya saja untuk diloloskan di tingkat universitas. Nanti akan diganti dengan tim PKM yang peringkatnya berada di bawah tim tersebut. Selain itu, dosen yang menjadi pembimbing lebih dari sepuluh  proposal PKM, maka akan diambil sepuluh proposal dengan nilai tertinggi. Proposal ke-11 dan seterusnya dinyatakan gugur.

“Ada dosen yang menjadi pembimbing hingga 38 proposal PKM, tetapi panitia hanya meloloskan sepuluh proposal PKM terbaik saja, berpedoman pada peringkat proposal PKM tersebut. Peraturan demikian telah diberitahukan ketika sosialisasi PKM dan sistem ini sudah dua tahun berjalan,” tambah Rahmadi.

BACA JUGA:  Hati-hati! Sampah Makanan!

Menanggapi hal demikian, Ketua PKM Penelitian, mahasiswa Jurusan Kimia, Riri Aulia Putri, mengaku bingung dengan pengumuman kelulusan PKM tahun 2018.

“Menurut saya info kelulusan tahun ini sedikit membingungkan, karena ada beberapa revisi kelulusan yang dikeluarkan. Hal ini membuat mahasiswa ragu akan kelulusan proposal PKM mereka,” ungkapnya.

Proposal PKM Unand yang mengikuti pendaftaran tahun 2018 sebanyak 1.038 dari lima Skim. Proposal yang lulus ke tahap selanjutnya (diseleksi tingkat universitas untuk mengirim proposal ke Kemenristekdikti) sebanyak 700 proposal. Selanjutnya, mahasiswa akan diberi username dan password untuk mengunggah proposal hingga 10 Januari 2019 mendatang.

 

Reporter : Fildzatil Arifa dan Zurriati Fadilla

Editor : Nurul Pratiwi

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here