Beranda Berita

Kelas Internasional, Faterna Siap Menuju AUN-QA

Wakil Dekan 1 Faterna Unand, Mirzah, saat diwawancarai di ruangannya, Jum’at (25/1/2019). (Foto: Tiwi Veronika)

gentaandalas.com-  Fakultas Peternakan (Faterna) Unand baru saja menerapkan kelas berbahasa Inggris atau yang biasa dikenal kelas Internasional. Kebijakan ini telah diterapkan pada semester genap ini, tahun ajaran 2018/2019.

“Ada dua mata kuliah yang sudah menggunakan bahasa Inggris, yaitu Biokimia dan Fisiologi Ternak, yang masing-masing mata kuliah terdiri dari satu kelas berbahasa Inggris. Dua mata kuliah ini sifatnya umum, dipelajari di seluruh ASEAN,” ujar Wakil Dekan 1 Faterna Unand, Mirzah, saat diwawancarai oleh kru Genta Andalas di ruangannya, Jumat (25/1/2019).

Menurut Mirzah, kebijakan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan mendapatkan sertifikasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA), karena setiap program studi harus memiliki kelas Internasional, dan juga butuh waktu satu tahun untuk itu.

Pada tahun 2019 ini, Faterna telah mendaftar untuk mendapatkan akreditasi Internasional. Kebijakan ini ditujukan  bagi mahasiswa yang memiliki Test Of English as a Foreign Language (TOEFL) di atas 400.

“Namun, tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa lain yang mau mengambil kelas tersebut. Kebijakan ini tidak saja diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 2018, tetapi juga bagi mahasiswa angkatan di atasnya yang mengulang mata kuliah itu, dan ia memiliki kemampuan dalam hal bahasa Inggris, maka ia boleh memilih kelas Internasional,” kata Mirzah.

Mirzah menambahkan, pada awalnya pihaknya membuka kelas ini untuk umum. Secara sukarela, siapa yang mau mengambil kelas tersebut. Namun karena tidak mau mengambil resiko, akhirnya dibuat kebijakan bagi mahasiswa yang mampu secara TOEFL-nya wajib masuk ke kelas Internasional dan tidak diperkenankan mengambil kelas di luar berbahasa Inggris. Kesannya memang sedikit memaksa, tapi yakinlah ada nilai tambah yang akan didapatkan.

Sementara itu, untuk kelasnya sudah difasilitasi. Proses perkuliahan tidak dilaksanakan di gedung perkuliahan, melainkan di fakultas sendiri, yakni di Ruang Audio Visual Lantai 2, yang terdiri dari 29 orang mahasiswa angkatan 2018. Selain itu, mahasiswa yang  sudah masuk akan tetap lanjut berada di kelas Internasional untuk semester berikutnya.

Mirzah berharap, dengan adanya program yang baru saja diterapkan ini, semoga bisa terlaksana dengan baik, dan juga mampu membentuk mahasiswa yang berkompetensi dalam berbahasa Inggris, apalagi generasi Z sekarang itu yang paling dituntut. Kami akan terus berbenah untuk memperbaiki.  Oleh karena itu, kami juga butuh dukungan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF).

Salah satu mahasiswa kelas Internasional, Bella Veliana Utami, mengaku senang bisa masuk ke kelas tersebut, karena dapat menambah pengalaman baru, membuka wawasan, dan juga bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris.

Reporter : Tiwi Veronika dan Zurriati Fadilla

Editor : Nurul Pratiwi

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here