Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Kegiatan Donor Darah, Bentuk Kontribusi Sederhana

Salah seorang peserta donor darah saat mengecek tekanan darah bersama petugas di Lapangan Gedung E FK Unand, Rabu (14/8/2019). (Foto: Mirna Desrita)

gentaandalas.com- Departemen Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unoversitas Andalas (BEM KM FK Unand) bekerjasama dengan PMI Sawahan mengadakan kegiatan donor darah di Lapangan Gedung E FK Unand, Rabu (14/8/2019) hingga Kamis (15/8/2019). Ketua Penyelenggara Kegiatan Donor Darah BEM KM FK Unand, Teguh Bedi P mengatakan kegiatan ini dapat menjadi salah satu bentuk kontribusi secara sederhana, membantu masyarakat umum dan pihak rumah sakit yang memerlukan  pasokan darah untuk keadaan darurat.

“Kegiatan ini dapat menjadi  kesempatan untuk berkontribusi secara sederhana, tidak perlu dengan mengeluarkan uang dan tenaga.  Namun, dalam kegiatan ini peserta harus memenuhi persyaratan untuk jadi pendonor darah, seperti  harus makan empat jam  sebelum melakukan proses donor darah dan kondisi pendonor dalam keadaan sehat,” kata Teguh di Gedung E FK Unand, Rabu (14/8/2019).

BACA JUGA:  Pindahkan Perkuliahan S1 Pendidikan Dokter ke Limau Manis, FK Unand Tambah Gedung Kuliah

Teguh menjelaskan, kegiatan donor darah merupakan program kerja dalam satu periode kepengurusan BEM KM FK Unand dan kegiatan sekarang diangkat oleh kepengurusan periode 2019-2020. Dalam satu tahun kepengurusan, ada tiga kali pelaksanaan donor darah dan memiliki indikator keberhasilan  sebanyak tiga kali.

“Kegiatan ini mengikuti jarak normal dianjurkannya  donor darah, yakni minimal  tiga  bulan sekali. Evaluasi selalu dilakukan untuk kegiatan ini, agar lebih baik untuk selanjutnya,” jelas Teguh.

BACA JUGA:  Jurusan Kimia Kembali Buka KBI, Syukri : Batu Loncatan Menuju RSC

Teguh berharap, adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli kepada sesama, salah satunya dengan kegiatan sosial seperti donor darah. Hal itu sudah sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Salah seorang peserta donor darah, Mahasiswi Jurusan Pendidikan Dokter angkatan 2017 Naura Aqila mengungkapkan, ini merupakan kali kelima ia melakukan donor darah.

“Ini merupakan waktu yang tepat untuk donor darah bagi mahasiswa, karena di umur  kita sekarang masih memiliki darah yang bersih dan kondisi tubuh yang fit. Melalui donor darah kita bisa berkontribusi, meski sederhana,” ungkap Naura.

Reporter : Mirna Desrita dan Nurlaila

Editor : Nurul Pratiwi

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here