Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Kawal RUU P-KS, Aliansi BEM Sumbar Lakukan Aksi Pencerdasan

Peragaan Tindak Kekerasan kepada Perempuan oleh Aliansi BEM Sumbar di GOR Haji Agus Salim, Minggu (07/07/2019). (Foto: Suhada Tri Maneli)

gentaandalas.com- Forum Perempuan (FP) aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumbar lakukan aksi pencerdasan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS) di GOR Haji Agus Salim Padang, Minggu (07/07/2019). Kegiatan ini di latar belakangi dengan polemik yang terjadi terkait RUU P-KS, yang mana menyangkut hidup dan matinya perempuan. Hal ini disampaikan oleh Desi Pramida Sari selaku menteri pemberdayaan perempuan BEM KM Unand.

“Latar belakang aksi pencerdasan dikarenakan adanya polemik pro dan kontra terkait RUU P-KS.  Mahasiswa wajib mengawal RUU ini, untuk itu kami melakukan aksi ini guna memberi tahu kepada masyarakat bahwasanya hal ini penting untuk diketahui dan perlu pengawalan,” kata Desi.

Rahayu Sri Wahyuni selaku Koordinator lapangan (Korlap) aksi mengungkapkan bahwa rangkaian acara aksi ini fokus pada acara teatrikal. Sebenarnya konsep awal long march, akan tetapi tidak memungkinkan untuk hal itu. Kegiatan tersebut juga diisi dengan orasi, pembagian pamflet dan membuat video.

BACA JUGA:  Perbaiki Bacaan Al-Quran, Maba Unand 2019 Ikuti TBQ

Rahayu berharap agar masyarakat mengetahui peran RUU P-KS dalam menjawab solusi dari kekerasan seksual itu sendiri.

“Dalam RUU P-KS terdapat pasal yang sarat akan multitafsir dan ada juga yang di luar norma dan ajaran agama,” ujar Rahayu.

Salah seorang pengunjung Risda mengungkapkan bahwa sebelumnya ia belum pernah mendengar isu terkait RUU P-KS ini.

“Sebelumnya saya tidak tau apa itu RUU P-KS,  jadi saya mengetahui tentang hal ini barusan setelah mendengarkan orasi peserta aksi,” kata Rida.

Reporter : Suhada Tri Maneli dan Dian Fitri Yova

Editor : Ramadanil Fajri

Pilihan Editor

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here