Beranda Berita

Karhutla Tak Kunjung Henti, BEM se-Sumbar Gelar Aksi G17S

Aliansi BEM se-Sumbar menggelar aksi di depan Kantor Gubernur Sumbar, (17/9/2019). (Foto: Nurul Pratiwi).

gentaandalas.com- Menanggapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau dan Kalimantan yang tak kunjung berhenti, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sumbar menggelar aksi bertajuk “Gerakan 17 September” di Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (17/9/2019).

Aksi ini dimulai pada  pukul 14.00 WIB dengan rute longmarch dimulai dari Gedung Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang dan berakhir di Kantor Gubernur Sumbar. Aksi ini diawali dengan beberapa orasi untuk membangkitkan semangat para peserta aksi yang memegang beberapa spanduk dan bendera BEM masing-masing kampus sebagai perlengkapan.

Presiden Mahasiswa BEM KM Unand Ismail Zainuddin mengungkapkan, jumlah peserta aksi berkisar 500-an orang dari BEM se-Sumbar.

BACA JUGA:  Aksi Hari Tani dan Karhutla Jilid III, Irwan Prayitno Tak hadir Lagi

“Kami (mahasiswa) ingin gubernur hadir, melihat dan bertemu dengan kita. Kita ingin gubernur menyelesaikan permasalahan terkait karhutla di Kota Padang, khususnya Sumatera Barat,” ujar Ismail.

Kemudian Ismail mengatakan, ada beberapa tuntutan mahasiswa dalam aksi ini. Pertama, mahasiswa ingin  mendesak Pemprov Riau,  Pemprov Kalimantan, dan Pemprov daerah lain yang wilayahnya terkena dampak karhutla agar segera menyelesaikan permasalahan tersebut. Selanjutnya, menangkap pelaku-pelaku dari korporasi yang telah membakar hutan dan lahan tersebut. Terakhir, memberikan pelayanan kesehatan gratis pada warga Sumbar.

BACA JUGA:  Aksi Hari Tani dan Karhutla Jilid III, Irwan Prayitno Tak hadir Lagi

“Secara umum kita meminta kepada gubernur, karena kita sudah lelah dan tidak lagi percaya dengan presiden. Saya nyatakan bahwa sekarang mahasiswa telah memberikan mosi tidak percaya kepada presiden,” kata Ismail.

Aksi ini kemudian direspon oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Dia menunjukkan data kondisi udara Sumbar pada peserta aksi, namun mereka tidak mempercayai semua data tersebut.

Hingga pukul 17.00 WIB, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang diharapkan kehadirannya oleh Aliansi BEM se-Sumbar tidak kunjung datang.

Reporter : Nurul Pratiwi dan Nadya Satya Dilova

Editor : Anjasman Situmorang

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here