Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Jurusan Kimia Kembali Buka KBI, Syukri : Batu Loncatan Menuju RSC

Ketua Jurusan Kimia Unand Syukri saat diwawancarai kru Genta Andalas di Gedung Jurusan Kimia FMIPA Unand, Kamis (1/8/2019). (Foto: Icha Putri)

gentaandalas.com- Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unand kembali membuka Kelas Berbahasa Inggris (KBI) untuk tahun ini yang akan diberlakukan pertama kalinya pada mahasiswa Kimia angkatan 2018. Ketua Jurusan Kimia Unand, Syukri mengklarifikasi bahwa KBI tahun ini dibuka sebagai batu loncatan jurusan Kimia untuk persiapan sertifikasi Internasional Royal Society of Chemistry (RSC) dan bukan lanjutan dari KBI sebelumnya yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2015 yang merupakan program dari Wakil Rektor IV.

“Untuk mengajukan RSC kita harus melakukan banyak persiapan. Salah satunya adalah dengan kelas berbahasa Inggris ini,” kata Syukri di Gedung Jurusan Kimia FMIPA Unand, Kamis (1/8/2019).

Mahasiswa Jurusan Kimia yang mendaftar KBI, ungkap Syukri, akan memulai kelasnya sejak semester tiga, karena semester satu dan dua difokuskan untuk memperoleh nilai mata kuliah Bahasa Inggris yang menjadi syarat wajib sebelum memasuki KBI ini.

Lalu, Syukri menuturkan pembagian kelas di Jurusan Kimia dibagi atas empat kelas yaitu kelas A, B, C yang merupakan kelas biasa dan kelas D sebagai KBI. Hal ini menyebabkan Jurusan Kimia memiliki dua kurikulum.

“Di Jurusan Kimia nanti ada dua versi kurikulum, versi Inggris dan versi Indonesia,” tutur Syukri.

Syukri mengatakan, semua kegiatan pembelajaran di kelas ini menggunakan bahasa Inggris.

“Bahan ajar mata kuliah, praktikum, presentasi maupun skripsi semuanya menggunakan bahasa Inggris,” kata Syukri.

Syukri berharap, adanya KBI dapat menjadi batu loncatan bagi jurusan untuk mendapatkan sertifikasi RSC yang ditargetkan akan mulai diajukan satu tahun mendatang.

Reporter : Geliz Luh Titisari dan Icha Putri

Editor : Nurul Pratiwi

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here