Beranda Berita

Jokowi Sebut Pers Diperlukan Sebagai Pilar Penyampai Kebenaran

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam puncak perayaan Hari Pers Nasional di Danau Cimpago, Kota Padang, Sumatera Barat, Jum’at (9/2/2018).

gentaandalas.com- Pers makin diperlukan untuk menjadi pilar penegak penyampai kebenaran, penegak fakta, penegak aspirasi serta turut membangun narasi kebudayaan baru yang ada di masyarakat. Demikian disampaikan oleh orang nomor satu di Indonesia Joko Widodo saat menghadiri puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Danau Cimpago, Kota Padang, Sumatera Barat, Jum’at (9/2/2018).

Meskipun dalam lima tahun terakhir, Jokowi Menuturkan,  sering muncul berbagai analisa media pers akan digeser oleh media-media baru seperti media sosial, namun ini bukanlah suatu hambatan maupun penghalang bagi pers itu sendiri.

“Pers dikenal sebagai pilar keempat demokrasi meskipun informasi yang disajikan semakin berlimpah melalui media social. Saya percaya di era kemajuan teknologi dan melimpahnya informasi justru pers makin diperlukan,” ujar Jokowi.

Kedepannya, Jokowi berharap seluruh insan pers Indonesia dapat menghasilkan inovasi dan menjadi penyalur aspirasi masyarakat. “Saya berharap seluruh insan pers Indonesia dapat terus menjadi penyalur kebenaran, penyalur fakta dan penyalur aspirasi masyarakat” tutupnya.

Di sisi lain, sebelum Jokowi berkunjung ke rumah keluarga besar Djamaluddin Adinegoro di Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Beliau menyerahkan sertifikat tanah dengan luas 2.459 meter. Tanah tersebut rencananya akan dibangun Museum Adinegoro.

“Lahan yang ada akan kami bangun Museum Adinegoro, agar dapat mengenal karya-karya beliau sebagai wartawan, maupun sebagai sastrawan yang begitu besar peranannya terhadap kemajuan pers Indonesia” ujar Jokowi.

 

Reporter : Yashirli Mulyadi

Editor: Endrik Ahmad Iqbal

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here