Beranda Berita Isu Lingkungan Perlu Digalakkan

Isu Lingkungan Perlu Digalakkan

Pengurus Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Padang M. Habibie Adi Cipto dalam talkshow yang diadakan oleh Environmentalist Student Community (EnSC) di Gedung Seminar F, Rabu (29/11/2017). (Foto: Endrik Ahmad Iqbal)

gentaandalas.com- Jika isu lingkungan diangkat, tidak bisa secara singkat dilaksanakan. Hal tersebut dituturkan oleh pengurus Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Padang M. Habibie Adi Cipto dalam talkshow yang diadakan oleh Environmentalist Student Community (EnSC) di Gedung Seminar F, Rabu (29/11/2017).

Habibie mengatakan Unand sebagai kampus hijau, belum pernah mengampanyekan jargon cinta lingkungan. Hal ini merupakan tantangan yang harus dilakukan EnSC. Tak hanya itu, Habibie juga menyampaikan isu lingkungan tidak lagi berkembang, malah mengalami kemunduran.

Menurutnya, kegiatan cinta lingkungan oleh aktivis lingkungan harus disandingkan dengan media agar kegiatannya dapat disebarluaskan.

“Peran aktivis lingkungan dapat terlaksana melalui pembentukan komunitas dengan melakukan 3P (Pendampingan, Pemberdayaan, dan Pengembangan). Kampanyekan jargon cinta lingkungan, gerak atau aksi dan menyandingkan dengan media untuk disebarluaskan,” katanya.

Selain aktivis lingkungan, lanjut Habibie, mengubah pola pikir masyarakat juga susah. Ia menyarankan kepada aktivis lingkungan untuk mengadakan kampanye sosialisasi.

“Orang akan takut ketika sudah mengetahui bahaya. Maka untuk mengubah paradigma orang lain kita perlu menyampaikan akibatnya dahulu, kemudian memberikan solusi pengganti setelah itu,” ungkapnya.

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal

Editor     : Mis Fransiska Dewi

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here