Dok.Pribadi

Padang, gentaandalas.com- Lima orang mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) mengembangkan produk inovasi berbahan dasar gambir yang diberi nama PEKKA. Pengembangan PEKKA berhasil meraih medali emas dalam kategori medicine dalam ajang Arau International Creativity Expo (ACE) yang diselenggarakan Universiti Malaysia Perlis pada tanggal 18-20 Agustus 2023. Produk ini berupa hard candy yang berfungsi mengurangi nyeri pada penyakit rematik.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran ssekaligus Ketua Tim Pengembangan Inovasi, Refa Rahmaddiansyah mengungkapkan persiapan inovasi produk te;ah dilakukan dari dua bulan yang lalu. “Pembentukan tim, perencanaan ide, dan melakukan riset produknya telah dilakukan sejak bulan Juni 2023,” ungkap Refa pada Jumat (25/8/2023).

Tim yang diketuai oleh Refa tersebut beranggotakan Rahmah Marleni (Agribisnis), Ifan Arenza (Teknik Industri), Wahida Rahmi (Kedokteran) dan Muhammad Ridham (Manajemen). Setiap anggota tim memiliki tugas sesuai bidang keahliannya masing-masing. Salah seorang anggota tim, Rahmah menjelaskan latar belakang pengangkatan ide ini oleh timnya.

“Produk PEKKA dibuat berupa permen sebab banyak digemari di setiap usia. Selain itu, bisa mengubah stigma masyarakat mengenai obat sehingga tidak berpikir dua kali untuk mengonsumsinya,” tutur Rahmah.

Lalu, anggota tim PEKKA lainnya, Ridham mengungkapkan harapannya agar LPPM (Lembaga Pengembangan dan Penelitian Mahasiswa) UNAND dapat memberikan dukungan penuh untuk pengembangan wirausaha mahasiswa.

Reporter: Resti Rasyid dan Zahra Nurul Aulia

Editor: Haura Hamidah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here