Beranda Berita

Infografis Memudahkan Pemahaman Informasi

Redaktur Tempo,Yosep Suprayogi saat memberikan materi di Mess PEMPROVSU Harungguan Bolon, Minggu, (4/11/2018).

gentaandalas.com- – Informasi akan menjadi lebih informatik dengan infografis, yaitu dengan mengubah informasi verbal kedalam bentuk visual. Hal tersebut diungkapkan oleh Redaktur Infografis Tempo, Yosep Suprayogi saat memberikan materi di Mess PEMPROVSU Harungguan Bolon, yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Teropong, Minggu, (4/11/2018).

Yosep mengatakan, visualisasi dapat meningkatkan keinginan membaca mencapai 80%. Manusia cenderung lebih menyukai gambar atau visual dibandingkan dalam bentuk verbal, karena reseptor sensorik di mata terdapat 70 % dan hampir 50% otak manusia terlihat dalam proses visual. Sehingga, ketika melihat satu gambar dengan sebuah keterangan yang berbeda dengan gambar padahal dalam satu frame tidak dapat langsung ditafsirkan bahwa keterangan yang tertulis adalah benar.

BACA JUGA:  Tips Live Report ala Wan Aniska

“Kita tidak bisa menjudge sesuatu dengan mengabaikan gambar, karena Kita lebih memihak kepada gambar,” katanya.

Yosep menambahkan, visual bersifat universal, dimana setiap orang dapat mengerti maksud hanya dengan melihatnya, sedangkan verbal selain harus berimajinasi, juga harus tahu bahasa yang digunakan. Selain itu informasi lebih cepat ditangkep dengan visual.

“Ada banyak hal tidak bisa disampaikan secara verbal, tetapi sangat mudah disampaikan dengan visual,” ujarnya.

BACA JUGA:  Menyajikan Berita Cepat dan Menarik untuk Generasi Milineal

Namun, tidak semuanya dapat di gambar dalam bentuk infografis. Visual cenderung menyederhanakan, sehingga jika data yang digunakan dalam bentuk angka yang detail dan memperlihatkan pola maka dapat dibuat dalam bentuk diagram ataupun tabel.

Tak hanya itu, kata Yosep, melalui infografis kita dapat lebih mudah menyampaikan suatu hal atau konten yang dianggap cukup sensitif.

Reporter: Nurul Fatimah dan Uswatun Hasanah
Editor: Rani Aprianti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here