Beranda Berita

Ikamadiksi Unand Adakan Sosialisasi Mengenai Bidikmisi

Mahasiswa volunteer IKAMADIKSI menjelaskan mengenai tata cara pendaftaran bidikmisi di MAN Pesisir Selatan, Rabu (4/4/2018).

gentaandalas.com- Ikatan Mahasiswa Bidikmisi (IKAMADIKSI) Universitas Andalas melaksanakan acara Bidikmisi Goes to School (BGTS)  di SMA Negeri 1 Bayang Utara dan MAN Pesisir Selatan, Rabu (4/4/2018).

Ketua Ikamadiksi Unand Arif Munandar Sofyan, mengatakan acara tersebut baru pertama kali diselenggarakan oleh Ikamadiksi Unand dengan menggandeng mahasiswa aktif Unand sebagai volunteer.

Arif menuturkan misi utama dalam BGTS tersebut yaitu untuk memotivasi generasi emas bangsa Indonesia agar tidak buta informasi mengenai perguruan tinggi, terutama bagi keluarga dengan keadaan ekonomi menengah ke bawah.

Ia juga mengatakan tujuan acara tersebut yaitu memberi informasi terkait beasiswa Bidikmisi,  khususnya untuk daerah yang kurang terjangkau koneksi internet. Pihak kemahasiswaan Unand membuat suatu rancangan program untuk melibatkan mahasiswa Bidikmisi aktif dari berbagai jurusan.

BACA JUGA:  Kotak Amal Masjid Nurul Ilmi Unand Dibobol Maling

“Ini sangat sesuai dengan Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat, maka inilah bentuk pengabdian kami sebagai mahasiswa Bidikmisi,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan acara tersebut, Arif mengaku masih banyak rintangan dalam proses persiapan sampai hari pelaksanaan acara tersebut.

“Terdapat kesulitan dalam mengatur waktu antara pihak sekolah dan mahasiswa untuk saling berkoordinasi, selain itu sekolah sedang fokus pada Ujian Nasional, sehingga acara tersebut sedikit terhambat ” ujar mahasiswa Ilmu Ekonomi angkatan 2014 ini.

Arif berharap dengan acara BGTS ini dapat membantu permasalahan yang dihadapi sekolah mengenai bidikmisi, karena masih banyak pihak sekolah yang belum paham mengenai alur pendaftaran Bidikmisi.

BACA JUGA:  UKOS Adakan Dekan Cup Fakultas Ilmu Budaya Unand

Ia berharap siswa yang terkendala dalam ekonomi tetap semangat dan tidak putus asa untuk mencoba, karena baginya semua orang berhak untuk kuliah.

Selain itu salah seorang panitia Ratna Vrima, juga mengatakan banyak hal yang didapat dari acara ini, mulai dari komunikasi kepada siswa, cara memperlakukan siswa tersebut dibutuhkan kesabaran yang tinggi.

“Adik-adiknya sangat antusias dalam menyambut kami, walaupun acaranya telat dari rencana awal, namun suatu yang luar biasa atas terselenggaranya acara ini,” kata Vrima.

Reporter : Metria Indeswara

Editor: Juni Fitra Yenti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here