Beranda Berita

Iggoy El Fitra : Foto Jurnalistik Harus Mengandung Unsur Berita

Pewarta Foto Antara, Iggoy El Fitra, saat menyampaikan materi fotografi dan foto jurnalistik di Ruang Seminar Gedung E Unand, Minggu (17/2/2019). (Foto: Nurul Fatimah).

gentaandalas.com- “Foto jurnalistik merupakan foto yang mengandung unsur berita, informatif,  dan dimuat di media massa,” kata Pewarta Foto Antara, Iggoy El Fitra, yang merupakan pemateri Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) XV UKPM Genta Andalas di Ruang Seminar Gedung E Unand, Minggu (17/2/2019). Materi yang diberikan di hari kedua ini merupakan materi fotografi dan foto jurnalistik.

Iggoy tidak hanya menjelaskan tentang foto jurnalistik, tetapi juga dasar-dasar fotografi, jenis-jenis kamera dan lensa secara umum, serta bagaimana cara membuat caption foto jurnalistik yang baik dan benar. Caption foto jurnalistik yang baik dan benar haruslah menggunakan unsur 5W+1H dan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas.

“Dalam sebuah foto jurnalistik, kita tidak boleh membuat opini kita untuk sebuah foto, ada baiknya kita memakai perkataan dan data yang sudah valid,” jelas Iggoy.

Di samping itu, Iggoy mengungkapkan, sebuah foto jurnalistik juga harus memiliki judul yang singkat untuk caption, yang berisi tiga sampai empat kata. Dalam caption foto jurnalistik, sebaiknya hanya ada dua sampai tiga kalimat yang informatif, dan dalam mengambil foto jurnalistik, hendaknya kita juga harus memahami terlebih dahulu konsep dan dasar jurnalistik.

“Sebaiknya kita harus memahami dulu apa dasar-dasar jurnalistik, karena hal ini akan membantu kita dalam mengambil foto jurnalistik yang bagus,” ungkap Iggoy.

Salah satu peserta PJTD, Rahma, mempertanyakan mengapa foto korban kecelakaan dan foto darah disensor oleh pihak media massa. Menanggapi hal tersebut, Iggoy menyampaikan, sebuah foto jurnalistik tidak diperbolehkan menampilkan darah, kesadisan, mayat, dan pornografi. Hal ini merupakan aturan foto jurnalistik di Indonesia yang berbeda dengan negara lain yang boleh menampilkan hal-hal tersebut.

Di akhir acara, Iggoy menyampaikan, dalam memotret kita harus jeli dalam melihat angle dan komposisi yang bagus dan yang belum tentu orang lain lihat.

Reporter : Fildzatil Arifa

Editor : Nurul Pratiwi

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here