Beranda Berita

Hasil Suara Sementara Pemira Unand 2018, Paslon 1 Unggul

Proses penghitungan surat suara Pemira Unand 2018, di Gedung PKM Unand, Jumat (23/11/2018). (foto : Juni Fitra Yenti)

gentaandalas.com- Hasil penghitungan suara sementara Pemilihan Umum Raya (Pemira) Universitas Andalas (Unand),  pasangan calon  (paslon) satu unggul dengan memperoleh 3.139 suara, sementara itu,  paslon dua 1.329 suara, dan paslon tiga 913 suara, dengan suara tidak sah sebanyak 55 suara, total secara keseluruhan 5.492 suara dari puluhan ribu mahasiswa Unand.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pemira KM Unand 2018, Teza Kusuma mengatakan bahwa dalam proses penghitungan suara ada dari pihak paslon yang  tidak menghadirkan saksinya dalam penghitungan suara yang menunjukkan tidak menghargainya penyelenggara Pemira dan prosesnya, sedangkan Bawaslu sudah menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya. “Penghitungan tetap dilanjutkan jika saksi tidak hadir, hal ini dikarenakan posisi Bawaslu dan Pawaslu sebagai pengawas Pemira sudah ada di tempat dalam proses penghitungan,” kata Teza saat diwawancarai kru Genta Andalas, Minggu (25/11/2018).

BACA JUGA:  Mosi Integral : Menuju Integrasi KM UNAND

Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) KM Unand, Muhamad Nasir menuturkan bahwa hasil Pemira tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, karena tahun sebelumnya dalam pemungutan suara tidak melibatkan Capresma dan Cawapresma melainkan hanya calon legislatif.

“Dibandingkan 2017 terjadi peningkatan lebih dari 300 persen, namun menjadi catatan bahwa tahun lalu dalam pemungutan suara tidak melibatkan Capresma dan Cawapresma melainkan hanya melibatkan calon DPM,” ujarnya.

BACA JUGA:  Polemik Pemira 2018, Penyelenggara Pemira dan 3 BEM Fakultas Adakan Konsolidasi

Sementara itu, dibanding pada tahun 2016, menurutnya tingkat partisipasi dalam Pemira Unand tahun ini mengalami penurunan dalam segi jumlah suara. “Sebelumnya sekitar 6.500-an dan sekarang hanya 5.400-an,” tambahnya.

Fagly Dini Dinotra selaku Ketua BPU Pemira KM Unand 2018, mengatakan jumlah pemilih mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan antusias dan partisipasi mahasiswa hanya sedikit terhadap Pemira Unand.

Reporter : Ramadanil Fajri

Editor : Juni Fitra Yenti

1 KOMENTAR

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here