Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Hari Pertama Kuliah, Maba Unand Sulit Cari Lokasi Gedung Kuliah

Salah seorang mahasiswa baru Unand saat diwawancarai di Gedung C Unand, Senin (12/8/2019). (Foto: Indah Ariesta Gusra)

gentaandalas.com- Mahasiswa baru (maba) Universitas Andalas (Unand) mengalami kesulitan dalam mencari gedung kuliah saat hari pertama perkuliahan yang berlangsung pada Senin (12/8/2019). Tidak adanya sosialisasi dari pihak kampus mengenai letak gedung perkuliahan membuat maba kebingungan mencari lokasi gedung kuliah dan kelas mereka.

Salah seorang maba jurusan Proteksi Tanaman Welda, mengatakan kalau ia mengalami kesulitan untuk mencari gedung kuliah,

“Pertama kali naik angkutan umum tidak diberhentikan di gedung kuliah, akhirnya jalan ke gedung kuliah dan jadi jauh,” kata Welda di Gedung I Unand.

Senada dengan Welda, salah seorang maba jurusan Teknologi Industri Pertanian Agil juga mengalami kesulitan untuk mencari gedung kuliah.

“Kendalanya itu saat mencari gedung kuliah, karena belum lihat lokasi gedung sebelumnya, sehingga bingung letak gedungnya dimana. Jadi, harus rajin bertanya,” kata Agil di Gedung C Unand.

BACA JUGA:  Aksi Lanjutan Aliansi BEM Sumbar, Gubernur Tandatangani Tuntutan Mahasiswa

Berbeda dengan Welda dan Agil, salah seorang maba jurusan Proteksi Tanaman Ami,  mengungkapkan bahwa ia  telah mengetahui letak gedung perkuliahan dari sanak saudaranya yang juga mengenyam pendidikan di Unand.

“Sebelumnya sudah pernah ke sini liat gedung kuliah dengan saudara, jadi tadi tidak terlalu kesulitan mencari lokasinya dimana,” ungkap Ami.

Salah seorang maba jurusan Agribisnis Rani berharap, sebelum perkuliahan dimulai pihak kampus dapat memberikan sosialisasi kepada maba mengenai kampus, seperti lokasi gedung perkuliahan, agar saat hari pertama kuliah maba tidak kesulitan untuk mencari lokasi gedung kuliah dan keterlambatan masuk ke kelas dapat diminimalisir.

“Harapan untuk ke depannya mungkin pihak kampus harus lebih aktif memberikan informasi mengenai kampus, agar kita yang maba ini tidak kebingungan mencari lokasi gedung perkuliahan,”  harap Rani.

BACA JUGA:  Polemik BEM KM Unand, DPM KM Unand Rekomendasikan Presma Unand Undur Diri

Berbeda dengan tahun sebelumnya, jadwal perkuliahan pertama di semester ganjil 2019/2020 berdekatan dengan Hari Raya Idul Adha. Banyak maba luar Kota Padang tidak pulang ke daerah asal mereka dan  memilih merayakannya di Kota Padang, karena daerah asal mereka terbilang cukup jauh dari Kota Padang.

Salah seorang maba asal Riau Nuraina mengungkapkan pengalamannya saat pertama kali merantau. Ia merasa sangat rindu dengan orang tua, sebab hal-hal yang selalu dilakukan bersama saat Idul Adha sekarang tidak bisa dilakukan.

“Biasanya kalau di rumah suka bercanda sama ibu, sekarang sejak jadi perantau suka kangen sama candaan ibu di rumah,” ungkap Nuraina.

Reporter : Rahmat Fiqri dan Indah Ariesta Gusra

Editor : Nurul Pratiwi

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here