Beranda Berita

Hanya Sedikit Mahasiswa Unand yang Manfaatkan E-journal

Salah seorang petugas perpustakaan memberitahukan cara mengakses E-Journal di perpustakaan Unand, Selasa, (10/7/2018).

gentaandalas.com-Universitas Andalas (Unand) telah berlangganan e-journal sejak tahun 2014. Tahun ini, Unand telah memperbarui kontrak untuk berlangganan e-journal. Kontrak ini diperbarui setiap satu tahun sekali, namun hingga saat ini masih sedikit mahasiswa Unand yang mengaksesnya. Hal itu dikatakan langsung  oleh Kepala Perpustakaan Unand, Yasir saat diwawancarai di perpustakaan Unand, Selasa (10/7/2018).

“Biaya yang dikeluarkan untuk e-journal ini kurang lebih tiga milyar, namun penggunaan e-journal oleh mahasiswa Unand sendiri kurang dari 10% dari persentase jumlah mahasiswa Unand,” katanya.

Terkait dengan promosi e-journal sendiri, Yasir mengatakan kalau pihak perpustakaan telah melakukan pengenalan e-journal kepada mahasiswa baru setiap tahunnya. Selain itu juga telah dipasang banner untuk mempromosikan e-journal tersebut.

BACA JUGA:  Jurusan Ilmu Tanah Raih Akreditasi A

Selain promosi, sedikitnya mahasiswa yang memanfaatkan e-journal karena banyak yang tidak mengetahui cara mengaksesnya. Administrator dibagian automasi, Rahma Deli mengatakan tahap pertama yang harus dilakukan untuk mengakses e-journal adalah mengunjungi link pustaka.unand.ac.id nanti mahasiswa dapat melihat e-journal apa saja yang dapat diakses. e-journal yang dapat diakses diantaranya science direct, emerald insight, springer dan lain sebagainya.

“Semuanya dapat diakses dalam lingkungan Unand tanpa meminta password, dan dilantai tiga perpustakaan juga ada akses internet gratis dan science direct juga dapat diakses disana,” katanya.

BACA JUGA:  Majukan Pariwisata, KKN Sungai Pisang Undang Adwindo Padang

Akan tetapi tidak semua e-journal dapat diakses dikarenakan Unand tidak berlangganan dengan jurnal tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa open akses akan berwarna oren dan yang setengah berwarna oren menandakan adanya konten yang dapat dibuka dan setengah konten yang lain tidak dapat dibuka.

Dengan adanya e-journal ini, Yasir berharap agar e-journal  dapat digunakan secara optimal dan dimanfaatkan semaksimal mungkin  oleh mahasiswa sesuai dengan bidang ilmu masing-masing, baik untuk tugas kuliah, tugas akhir maupun penelitian.

 

Reporter: Melati Tri Ilhami dan Rizqi Aatika Rambe

Editor: Rani Aprianti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here