Peserta Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional mendengarkan pengarahan simulasi materi video feature di Pantai Air Manis Padang, Sabtu (16/7/2022). (Genta Andalas/Nabila Annisa)

Padang, gentaandalas.com- Usung tema Jurnalisme Pariwisata, Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Genta Andalas kenalkan pariwisata lokal Sumatra Barat (Sumbar) pada acara Sumarak Jurnalistik (Suju) 2022. Ketua Panitia Suju 2022, Riski Wahyudi mengatakan bahwa kegiatan Suju 2022 mencakup Lomba Nasional dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) yang digelar pada 14-18 Juli 2022.

Riski menambahkan, PJTLN ini bertujuan sebagai ajang pengenalan wisata-wisata di Sumbar. Selain itu juga menjadi penyemangat delegasi untuk bercerita ke orang-orang yang ada di daerahnya masing-masing mengenai keindahan pariwisata Sumbar.

“Jurnalisme pariwisata diangkat untuk memberikan bentuk andil jurnalis dalam pengembangan pariwisata khususnya pada masa keterpurukan pasca pandemi,” jelas Riski.

Hari kedua dan ketiga pelaksanaan PJTLN, UKPM Genta Andalas mengajak peserta menjajaki pariwisata yang terkenal di Kota Padang seperti Museum Adityawarman, Masjid Raya Sumbar, dan Pantai Air Manis.

Pemimpin Umum Genta Andalas, Linda Susanti menjelaskan kegiatan PJTLN juga menjadi salah satu ajang memperluas jejaring antar LPM se Indonesia.
“Harapannya dengan diadakannya pelatihan ini mampu menciptakan insan pers yang peka terhadap lingkungan, terutama di tengah geliat pengembangan pariwisata di indonesia. Selain itu kami berharap para peserta mendapat feedback dari pelatihan yang diberikan,” kata Linda.

Reporter: Efi Fadhillah
Editor: Suhada Tri Marneli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here