Padang,Gentaandalas– Pemilihan Raya (Pemira) Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Andalas (Unand) telah memasuki masa kampanye akbar pasangan calon presiden mahasiswa (Capresma) dan calon wakil presiden mahasiswa (Cawapresma), beserta calon Dewan Perwakilan Mahasiswa (CaDPM) pada Kamis, (25/11/2021). Panelis kampanye akbar Pemira 2021, Nanda Fazli mengatakan terdapat tantangan tersendiri bagi masing-masing calon dalam melakukan aksi nyata walaupun sedang berada di masa pandemi Covid-19.

“Retorika dan penyampaian masing-masing calon sudah bagus, dengan slogan mereka yang aspiratif. Namun saat ini tidak cukup hanya retorika saja, namun dibutuhkan tindakan-tindakan nyata,” jelas Nanda saat diwawancarai Genta Andalas, Kamis, (25/11/2021).

Nanda memandang hal tersebut merupakan tantangan bagi masing-masing calon. Menurutnya calon terpilih yang berhasil melalui tantangan tersebut merupakan generasi kuat.

“Mereka harus mengetahui fungsi dan tugas mereka sebagai apa, kemudian mereka harus solid, tidak sibuk mengurus internal saja sehingga isu nasional tidak ketinggalan,” lanjut Nanda.

Sebelumnya juga telah berlangsung agenda kampanye dialogis yang dilaksanakan di berbagai fakultas yang ada di Unand hingga menyentuh Kampus II dan Kampus III Unand. Ketua Badan Pemilihan Umum (BPU) KM Unand Rantau Taufikkurrahman mengatakan teknis kampanye akbar tidak jauh berbeda dengan kampanye dialogis.

“Kampanye akbar ini masih seperti kampanye dialogis, namun kampanye akbar menghadirkan panelis yang berasal dari aktivis kampus,” jelas Rantau.

Berlangsung secara hybrid, acara yang merupakan puncak kampanye dari rangkaian agenda Pemira ini akan dilanjutkan dengan masa tenang hingga empat hari kedepan. Diketahui terdapat dua pasang Capresma-Cawapresma, serta empat CaDPM yang mengikuti kampanye akbar.

Paslon capresma-cawapresma nomor urut 1 yaitu Arsyadi Walady Sinaga dari Fakultas Farmasi dan Aditya Muhammad Farhan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan paslon capresma-cawapresma nomor urut dua yakni Januar Ramadhan dari Fakultas Keperawatan dan Ilham Dzikhrullah dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Sedangkan CaDPM nomor urut 1 yakni atas nama Rioscha Dehan Zannah dari Fakultas Ekonomi, nomor urut 2 atas nama Sa’adillah Fajar Alvi dari Fakultas Perternakan, nomor urut 3 atas nama Fakhtiatul Ulfa Miladiah dari Fakultas Kedokteran, serta nomor urut 4 atas nama Melia Andarasti dari FKM.

Reporter: Natasya Salsabilla Festy dan Riski Wahyudi

Editor:  Elvi Rahmawani 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here