Beranda Berita

Fateta Siap Terima Maba Teknologi Industri Pertanian 2019

 

Salah satu mahasiswa sedang melintas di depan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Universitas Andalas. (Foto: Gifra Sentia)

gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) siap menerima mahasiswa baru untuk Program Studi (Prodi) Teknologi Industri Pertanian (TIP) pada tahun 2019 mendatang  berdasarkan SK Keputusan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 969 KPT/KPT/1/2018 tentang perizinan pembukaan program studi TIP program sarjana pada Universitas Andalas di Padang.

Lahirnya prodi baru ini melengkapi Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) yang sebelumnya hanya memiliki dua prodi, yaitu Teknik Pertanian (TEP) dan Teknologi Hasil Pertanian (THP). Fateta memang seharusnya memiliki tiga prodi yaitu TEP, TIP, dan THP. Namun, jurusan TIP ini baru mendapatkan SK penetapan prodi baru, sedangkan perencanaannya sendiri sudah sejak lama.

Alfi Asben selaku ketua panitia persiapan operasional TIP menjelaskan bahwa secara keseluruhan program studi ini sudah siap untuk menerima mahasiswa baru.

BACA JUGA:  Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe), Event Baru UKM PIKMAG

“Kita sudah menyiapkan segalanya termasuk dengan visi dan misi serta perkiraan maba, sedangkan untuk promosinya sendiri mungkin kita akan mengadakan kunjungan ke sekolah-sekolah serta mengundang siswa-siswi SMA ke Fateta melalui acara yang diadakan fakultas,” jelasnya saat diwawancarai oleh kru Genta Andalas, Selasa (28/11/2018).

Kemudian, Feri Arlius, Dekan Fateta, mengungkapkan untuk gedung masih diperjuangkan pihak fakultas, karena status Fateta yang masih belum mempunyai gedung sendiri dan menumpang dengan Fakultas Pertanian (Faperta). Namun, untuk pengajuan pendirian gedung tersebut sudah sejak lama dilakukan.

Khandra Fahmi, Wakil Dekan II Fateta mengatakan untuk fasilitas  prodi ini memanfaatkan ruangan yang ada di Fateta.

BACA JUGA:  Unand Pertahankan Akreditasi A

“Untuk sementara kita akan memanfaatkan ruangan yang ada, sedangkan untuk tenaga akademiknya kita juga akan mengajukan 2 orang yang akan membantu layanan administrasi nantinya,” tutur Khandra.

Sedangkan untuk tenaga pengajarnya, prodi ini akan dilengkapi dengan beberapa dosen dari prodi TEP dan THP.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa Teknik Pertanian 2017, Yoga Pratama, berharap semoga dengan adanya prodi baru tersebut membuat Fateta lebih maju dan mengalami perkembangan yang pesat, sehingga dapat meningkatkan citra Unand di tingkat nasional.

Reporter : Gifra Sentia dan Iqbal Tri Junaidy

Editor : Nurul Pratiwi

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here