Beranda Berita

Fakultas Pertanian Targetkan Alumni Serap Dunia Kerja Lewat Program Magang

Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Unand, Irawati Chaniago menyampaikan program magang untuk mahasiswa pertanian di ruang sidang dosen lantai tiga Fakultas Pertanian Unand, Kamis (19/10/2017). (Foto: Agung Ramadhan)

gentaandalas.com- Fakultas Pertanian (FP) Universitas Andalas (Unand) targetkan lulusan FP memiliki pengalaman kerja. Disebutkan dalam surat edaran Dekan FP, Munzir bahwa magang wajib bagi mahasiswa semester lima mulai dari angkatan 2016 sampai seterusnya dengan dua sks yang wajib untuk diambil oleh mahasiswa pertanian.

Ia juga menyebutkan hal tersebut didasarkan karena lulusan FP tidak banyak memiliki pengalaman kerja. Selain itu, lulusan pertanian banyak yang mencari prospek kerja pada sebuah instansi, hanya saja tidak memiliki pengalaman kerja. “Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja pada calon alumni Fakultas Pertanian,” ungkapnya di ruang sidang dosen lantai tiga Fakultas Pertanian Unand, Kamis (19/10/2017).

Lebih lanjut, Wakil Dekan I FP, Irawati Chaniago menyebutkan latar belakang program ini diadakan karena Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan Nasional yang terfokus pada tuntutan dunia kerja, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Selain itu, hal tersebut juga mengacu pada UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan tinggi, peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 6 ayat 4 yang menyatakan pengalaman kerja mahasiswa berupa pengalaman dalam kegiatan pada bidang dan jangka waktu tertentu yang berbentuk pelatihan kerja, kerja praktik, praktik kerja lapangan atau bentuk kegiatan lain yang sejenis.

“Latar belakang kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa menguasai keterampilan dan keahlian tertentu, kesempatan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari serta mempelajari seluk beluk standar kerja, kesempatan jejaring antara mahasiswa yang dapat menjadi bekal dalam menjalankan karir yang sesungguhnya,” tuturnya.

Terkait anggaran dana, Irawati mengatakan bahwa biaya akan ditanggung sendiri oleh mahasiswa yang bersangkutan layaknya Kuliah Kerja Nyata.

Reporter : Agung Ramadhan dan Endrik Ahmad Iqbal

Editor      : Ulfa Sevia Azni

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here