Beranda Berita

E-logbook, Solusi KKN Praktis

Laman e-kkn.unand.ac.id
Laman e-kkn.unand.ac.id

gentaandalas.com- E-logbook merupakan sistem terbaru yang digunakan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Andalas (Unand). Kepala Pengelola Unit (PU-KKN) Syamsuardi mengatakan e-logbook dapat membantu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk mengawasi dan menilai kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa.

“E-logbook berperan sebagai media bagi DPL untuk melihat secara lebih cepat dan efisien mengenai kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswanya,” ujarnya saat ditemui di ruangannya, Jumat (7/7/18).

Keuntungan lain dari penggunaan e-logbook yaitu, mahasiswa tidak perlu mengeluarkan uangnya untuk membeli logbook cetak seperti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN sebelumnya. Selain itu, e-logbook dapat menjadi database untuk peserta yang ikut KKN dan DPL.

Cara menggunakan e-logbook, lanjut Syamsuardi, mahasiswa dapat membuka laman e-kkn.unand.ac.id, lalu mahasiswa memilih akun login, kemudian masuk menggunakan NIM dan password seperti portal akademik.

“Laman ini sudah tersambung langsung dengan LPTIK karena sudah bekerjasama, karena inilah mahasiswa dapat login menggunakan akun portal akademik,” kata Syamsuardi.

BACA JUGA:  Mahasiswa KKN Tingkatkan Silaturahmi Lewat Futsal Antar Nagari

Selanjutnya, mahasiswa mengisi biodata dengan lengkap dan dilanjutkan dengan mendaftar dan mengisi penempatan. Dalam akun DPL, dapat terlihat biodata mahasiswa dan kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa bimbingannya. Kegiatan KKN yang dapat diinput oleh mahasiswa yaitu nama program kerja, tanggal, uraian kegiatan, sasaran kegiatan, dokumentasi, serta biaya yang dikeluarkan.

Tujuan dari adanya kolom biaya yang harus diisi, kata Syamsuardi adalah untuk menunjukkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) terhadap biaya yang dikeluarkan, sehingga Pemda dapat membantu mendanai kegiatan KKN di nagari yang bersangkutan.

Mengenai jadwal pengisian, e-logbook dapat diisi kapan saja sebelum nilai KKN keluar untuk setiap mahasiswa. “Jika mahasiswa tidak mendapatkan sinyal yang bagus ditempat KKNnya, maka pengisian portal dapat diisi setelah KKN,” tuturnya.

Alasan e-logbook baru dipublikasikan, lantaran baru selesai dipersiapkan oleh PU-KKN. Namun, dalam pembekalan, mahasiswa telah diberitahu akan mengisi logbook selama KKN dan bisa saja logbook tersebut dalam bentuk online. “Saat pembekalan mahasiswa sudah diberitahu, hanya saja bentuk fisik dari e-logbook yang belum ada,” katanya.

BACA JUGA:  Akhiri KKN, Mahasiswa Unand Angkat Perpisahan Bertema Adat

Koordinator Data dan Sistem Informasi PU KKN, Dendi Adi Saputra, mengatakan terdapat perbedaan untuk mahasiswa dari luar Unand yang mengikuti KKN internasional dan bilateral. Mahasiswa yang mengikuti program tersebut dapat login menggunakan token khusus KKN yang diberitahukan oleh DPL. “Nanti kita kasih kode khusus untuk mereka yang dari luar Unand, karena mereka tidak terdaftar di portal akademik unand,” ujar Dendi Adi Saputra, Koordinator Data dan Sistem Informasi PU KKN.

Dendi berharap mahasiswa peserta KKN turut berpartisipasi dalam pengisisan e-logbook ini. “Harapannya mahasiswa memanfaatkan e-logbook ini dengan baik dengan mencantumkan kegiatannya secara runut dan jika ada mahasiswa yang penggiat IT, serta ingin berpartisipasi dalam pengembangan e-logbook ini, boleh bekerjasama dengan PU KKN,” katanya.

Reporter: Pitnia Ayu Saputri dan Vivi Oktaviani
Editor : Juni Fitra Yenti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here