Beranda Berita

Digitalisasi dan Matematika Tidak Terpisahkan

Penyampaian materi Seminar Nasional Peranan Matematika dalam Merevolusi Era Digital di Convention Hall Unand, Kamis (06/02/2020). (Foto : Himatika Unand)

gentaandalas.com- Guru Besar Ilmu Matematika Universitas Andalas (Unand) Syafrizal menjelaskan bahwa Matematika adalah bagian dari aktivitas dan keterampilan otak yang dapat dilatih sehingga dapat dikuasai. Dengan menguasai Matematika, kemamapuan individual seperti berpikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah dapat berkembang dengan baik.

“Peran guru sangat penting ketika mengajarkan pelajaran Matematika, membantu menyederhanakan dan mencari jalan keluar dari suatu permasalahan dengan metode yang disesuaikan. Metode mengajar dengan menggunakan slide power point sebenarnya menciptakan kebodohan bagi siswa,” jelas Syafrizal dalam Seminar Nasional Peranan Matematika dalam Merevolusi Era Digital di Convention Hall Unand, Kamis (06/02/2020).

BACA JUGA:  Serak Gulo, Festival Kebudayaan Muslim India di Kota Padang

Seorang Guru Matematika SMP Negeri 4 Bukittinggi yang menghadiri acara tersebut menceritakan pengalamannya mengajar murid yang mengerjakan pekerjaan sekolah dengan mengandalkan Google. Ketika ia mengajar, murid kurang memperhatikan sehingga mereka tidak paham akan materi yang dijelaskan.

Lalu, bagaimana peran guru dan posisi matematika di era digital saat ini? Sementara para Matematikawan, secara terus menerus mengembangkan teorema, dalil, dan asumsi baru dalam menghadapi era digital di masa mendatang.

“Kurikulum pembelajaran siswa saat ini sangat teoritik, karena teori itulah dasarnya,” kata Data Science PT. Ebdesk Technology Roza Ria Indah.

Teknologi digital sangat membantu menyelesaikan permasalahan tertentu, salah satunya dalam Matematika. Pemodelan Matematika yang dulu membutuhkan waktu yang lama, namun di era digital ini dapat diselesaikan dengan cepat tanpa mengurangi tingkat akurasinya.

BACA JUGA:  Indonesia Aman dari Virus Corona?

Selain itu, digitalisasi turut mengubah dunia kerja. Kemunculan profesi seperti analisis internet, media sosial dan big data memberikan peluang baru bagi individu yang memiliki kualifikasi di bidang Matematika. Kebutuhan akan aktuaris di Indonesia contohnya, kian hari makin meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat serta didorong oleh kemajuan di bidang teknologi digital.

 

Reporter: Nurul ‘Ain dan Tiwi Veronika

Editor: Rahmadina Firdaus

Berita Lainnya

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here