Beranda Berita

Dies Natalis ke-62, Performa Pencapaian Unand tahun 2018 Meningkat

Rektor Universitas Andalas (Unand) Tafdil Husni saat menyampaikan pidato di Convention Hall Unand, Kamis (13 September 2018). (Foto: Humas Unand)

gentaandalas.com- Tanggal 13 September merupakan saat yang bersejarah bagi Universitas Andalas (Unand). Sudah 62 tahun Unand diresmikan oleh seorang tokoh proklamator Indonesia, Mohammad Hatta. Kini nama Unand sudah terdengar di berbagai pelosok negeri, bahkan pencapaian Unand di tahun 2018 makin membaik. Momen langka ini ditandai dengan penyelenggaraan Sidang Terbuka dan Orasi Ilmiah di gedung Convention Hall, Kamis (13/9/2018).

Rektor Unand, Tafdil Husni dalam pidatonya menyampaikan tanggal 17 Agustus lalu Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan Unand sebagai peringkat 10 dari 14  perguruan tinggi dalam jajaran klasterisasi pertama perguruan tinggi.

“Klasterisasi ini dijadikan peningkatan kualitas, penyusuran kebijakan, serta memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai performa perguruan tinggi Indonesia,” kata Tafdil.

Tafdil mengatakan indikator penilaian pada tahun 2018 ini mencakup pada lima komponen Diantaranya kinerja inovasi berupa kualitas sumber daya manusia, akreditasi yg ditoreh, kualitas kemahasiswaan, kualitas kinerja pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat, serta kualitas inovasi. Menurutnya, keberhasilan Unand saat ini tentunya merupakan akumulasi pekerjaan seluruh civitas akademika Unand. “Dengan kerja keras bersama, saya yakin untuk kedepannya Unand akan mendapatkan peringkat yang lebih bagus lagi dari sekarang,” katanya.

BACA JUGA:  KPU Adakan Forum Demokrasi dalam Rangka Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2019

Pencapaian Unand pada tahap 10 besar kali ini, lanjut Tafdil,  merupakan pencapaian yang cepat. Sebab, berdasarkan target program kerja yang telah ditentukan Unand harus mampu mencapainya dalam jangka 2019-2020. Namun, Unand mampu mencapainya pada tahun 2018.

Selain itu, mengenai akreditasi, program studi (Prodi) S2 Manajemen Fakultas Ekonomi telah mendapatkan akreditasi Internasional ABES. Prodi S2 Manajemen menjadi prodi pertama di Unand yang mendapatkan akreditasi Internasional. Lain halnya dengan Prodi Akuntansi, Biologi dan Kedokteran, kata Tafdil, yang akan menyusul dan telah difiksasi pada tanggal 15 dan 16 Agustus 2018 oleh Asean University Network-Quality Assurance (AUN QA). Bahkan untuk tahun 2020 Unand juga telah mendaftarkan 3 prodi S1 untuk mengantongi akreditasi AUN QA yaitu Farmasi, Manajemen, dan Kimia.

BACA JUGA:  Diskusi Publik dalam rangka HUT UKM PHP ke 15

Tafdil juga menyampaikan pembangunan infastruktur dan fasilitas telah dilakuakan seperti renovasi Bussines Center (BC) dan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM). Ditambah kabar gembira dari Fakultas Peternakan yang mendapatkan bantuan mendirikan Close House yaitu berupa kandang ayam tertutup dan modern. Diharapkan presmiannya dapat dilakukan di awal oktober tahun ini.

Disisi lain, Dekan Fakultas Peternakan James Hellywad mengatakan dengan adanya Close House ini menjadi loncatan bagi mahasiwa untuk melahirkan jiwa pengusaha, serta mahasiwa tidak kaku setelah tamat kuliah untuk berkerja.

Selain itu, Unand juga memberikan penghargaan pencapaian kinerja fakultas dan penghargaan penataan lingkungan kerja kepada dekan-dekan fakultas terpilih. Penghargaan juga diberikan kepada dosen dan mahasiswa berprestasi.

Reporter : Vivi Oktaviani dan Gifra Sentia

Editor: Endrik Ahmad Iqbal

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here