Beranda Berita

Diberi Kartu Kendali, Maba Peternakan Wajib Pilih Satu UKM

Maba Faterna sedang mendengarkan materi yang disampaikan, pada Jum’at (10/08/18)

gentaandalas.com- Berbeda dari tahun sebelumnya, Orientasi Proses Belajar dan Mengajar (OPBM) bagi Mahasiswa Baru (Maba) 2018, yang dilakukan oleh Fakultas Peternakan (Faterna), Universitas Andalas (Unand), pihak fakultas mengeluarkan kebijakan baru bagi Maba.

Setiap Maba diwajibkan memilih salah satu Unit Kegiatan (UKM), lalu diberi kartu kendali untuk magang, baik di tingkat universitas maupun fakultas. “Dengan adanya kartu kendali magang UKM, kami bisa meninjau dan mengontrol setiap Maba”, ujar Wakil Dekan III, Amrizal Anas, pada Jumat (10/08/2018).

Melalui tema Menyongsong Generasi Ungu Berkarakter Sejati, dengan pola asih, asah dan asuh,  serta tanpa melibatkan kekerasan dan senioritas. Maba juga dituntut untuk menerapkan karakter yang didapatkan dari pelaksanaan kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dan Tradisi Ilmiah (BAKTI) universitas, untuk di terapkan kembali di fakultas.

Perbedaan lain yang terlihat dari pelaksanaan OPBM di Faterna kali ini adalah sistem pelaksanaan yang dilakukan. Pada tahun sebelumnya kegiatan dilaksanakan di dua tempat sedangkan tahun ini hanya memakai satu tempat.

BACA JUGA:  Kotak Amal Masjid Nurul Ilmi Unand Dibobol Maling

Selain itu, pada tahun ini kegiatan OPBM di pandu dengan melibatkan Resimen Mahasiswa (Menwa) yang berasal dari Faterna. Sehingga Mahasiswa lebih disiplin dibandingkan tahun sebelumnya. Selama kegiatan OPBM berlangsung, setiap pagi maba digiring untuk ikut melaksanakan senam pagi bersama menwa dan alumninya.

Amrizal menambahkan, dengan diadakan kegitan senam pagi bersama Menwa, dapat menghilangkan kejenuhan yang dialami oleh mahasiswa selama kegiatan bakti yang lebih banyak mengarah kepada materi-materi, serta dapat meningkatkan kedisiplinan maba agar tidak terlambat. “Hari pertama maba yang terlambat ada 55 orang, sedangkan pada hari kedua OPBM ini hanya 2 orang”, tambahnya.

BACA JUGA:  Upacara Serah Terima Jabatan UKM Menwa Unand

Amrizal berharap, agar seluruh Maba bisa mengikuti prosedur yang ada di kampus, mencari dan menggali informasi yang berkaitan dengan dunia kampus baik dari dosen maupun senior. Serta aktif dalam kegiatan yang dilakukan oleh UKM.

Ketua Panitia OPBM 2018, Apriadi mengatakan pelaksanaan kegiatan lebih terstruktur. “Pada tahun ini kepanitiaan bakti benar-benar sudah diwewenangi oleh Pihak Dekanat dan sudah ada dibawah tanggung jawab Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) peternakan, ” ujarnya.

Senada dengan itu, seorang maba jurusan Peternakan, Fani Oktavia, mengatakan bahwa OPBM di fakultas lebih menyenangkan di bandingkan di Universitas, “dengan adanya OPBM di Fakultas, dapat menambah informasi baik itu mengenai beasiswa, UKM di Fakultas, maupun mata kuliah yang diajarkan.” katanya.

Reporter : Gifra Sentia dan Tiwi Veronika

Editor : Ivonyla Krisna