Beranda Berita

Destrinita: Kuota Bidikmisi SNMPTN Hanya 30%

Mahasiswa calon penerima beasiswa Bidikmisi dari SNMPTN sedang menunggu urutan untuk tes wawancara di Auditorium Universotas Andalas, Rabu (9/5/2018). (Foto: Ivonyla Krisna)

gentaandalas.com- Calon penerima bidikmisi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melakukan wawancara, sekaligus melengkapi data daftar ulang yang masih kurang di Auditorium Universitas Andalas (Unand), Rabu (9/5/2018).

Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni Unand, Destrinita mengatakan Kuota penerima bidikmisi tahun ini berjumlah 733 orang, dan yang sudah lolos sebanyak 729 orang. Tahun ini penerima bidikmisi hanya akan diambil sebanyak 30% dari SNMPTN.

Sistem penerimaan bidikmisi tahun ini sama dengan tahun lalu, yaitu memakai sistem penilain skor seperti penghasilan orang tua, kartu keluarga (KK), foto rumah, dan jumlah tanggungan.

BACA JUGA:  Temu Teman 16, Ajang Jumpa dengan Karya

Sebelum itu, calon penerima Bidikmisi wajib membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) terlebih dahulu, setelah Surat Keterangan (SK) Bidikmisi keluar, UKTnya akan dikembalikan. SK bidikmisi akan keluar bersamaan dengan calon penerima bidikmisi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Negeri Nasional (SBMPTN).

“Saya sudah rangking, dan nanti akan saya pilah langsung mana nilai skornya paling tinggi, tetapi belum saya tetapkan,” kata Destrinita.

Desrinita menambahkan jika ada penerima bidikmisi yang kedapatan berbohong, atau memberikan informasi yang tidak sesuai maka akan dieksekusi. Saat ini, sudah ada 23 orang, yang sudah kedapatan berbohong dan sudah ditandai.

BACA JUGA:  Kurangnya Biaya Operasional, Maba Kampus III Kuliah di Limau Manis

Destrinita berharap, dengan adanya beasiswa bidikmisi ini, pihak sekolah lebih selektif lagi menyeleksi calon penerima bidikmisi. Pengalaman tahun lalu, Desrinita mengatakan penerima bidikmisi jalur SNMPTN banyak yang bisa dibilang mampu dibanding penerima bidikmisi jalur SBMPTN.

Salah seorang calon penerima bidikmisi dari Jurusan Hukum, Delfi berharap agar dapat lolos beasiswa Bidikmisi. “Semoga saya bisa lolos tahap seleksi ini, jika saya lolos, saya akan belajar lebih giat lagi,” kata Delfi.

Reporter: Ivonyla Krisna

Editor: Rani Aprianti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here