Home Berita

Dana Bidikimisi Tak Kunjung Cair, Mahasiswa Diminta Menunggu

Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni Unand Destrinita. (Foto: Gifra Sentia)

gentaandalas.com- Pencairan dana Bidikmisi selalu menjadi polemik bagi mahasiswa penerima Bidikmisi setiap bulannya. Sampai saat jalannya minggu keempat perkuliahan pada 5 September 2019, dana bidikmisi tak kunjung masuk ke rekening mahasiswa Universitas Andalas (Unand).

Kasubag Kesejahteraan  Mahasiswa dan Alumni Unand Destrinita, menjelaskan untuk mahasiswa on going (angkatan 2016, 2017, dan 2018) akan cair pada minggu ketiga September ini, sedangkan untuk mahasiswa baru angkatan 2019 masih dalam proses.

“Mahasiswa on going bersabar saja menunggu, karena dana tersebut sedang dicairkan oleh Kemenristekdikti. Sedangkan untuk mahasiswa angkatan 2019, kami sedikit terkendala dan masih dalam proses validasi serta pengecekan ke rumah setiap calon penerima,” jelas Destrinita di Gedung PKM Unand, Kamis (5/9/2019).

Destrinita mengungkapkan, penerimaan Bidikmisi angkatan 2019 terkendala pada sistem baru yang diterapkan oleh Kemenristekdikti saat ini. Sistem tahun sebelumnya terdapat Surat Keterangan (SK) yang dikeluarkan berbeda untuk setiap jalur penerimaan mahasiswa baru, namun tahun ini satu SK dikeluarkan untuk semua jalur penerimaan mahasiswa.

“Kita tidak bisa cairkan dana per SK yang keluar. Kita harus tunggu dulu semua proses selesai, baru SK bisa dikeluarkan dan  dana tersebut bisa dicairkan,” ungkap Destrinita.

Lebih lanjut, Destrinita mengatakan penetapan mahasiswa baru penerima Bidikmisi diperketat untuk tahun ini. Jika terdapat kecurangan terhadap mahasiswa penerima Bidikmisi yang seharusnya tidak layak untuk menerima beasiswa tersebut, tidak lagi berurusan dengan kampus. Namun, urusannya langsung berhubungan dengan KPK dan Kemenristekdikti melalui Penanggungjawab Bidikmisi Unand.

Destrinita berharap, penerimaan Bidikmisi ini benar-benar tepat sasaran dan dipergunakan sebaik mungkin bagi mahasiswa penerima Bidikmisi.

Salah seorang mahasiswa Jurusan Teknik Pertanian sekaligus calon penerima Bidikmisi 2019, Seri Ayu berharap agar lulus sebagai  penerima Bidikmisi.

“Walaupun takut tidak diterima, saya masih optimis untuk diterima sebagai penerima Bidikmisi meskipun penerimaannya diperketat untuk tahun ini,” harapnya.

Reporter : Gifra Sentia                       

Editor : Nurul Pratiwi

NO COMMENTS

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here