Beranda Berita Liputan

Covid-19 Mewabah, KKN Kebangsaan 2020 Terancam Batal

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) KKN Ujang Khairul menjelaskan pelaksanaan KKN, Selasa (17/3/2020) (Genta Andalas/Fildzatil Arifa)

Padang, gentaandalas.com-KKN Kebangsaan 2020 terancam batal karena wabah pandemi covid-19, Selasa (17/3/2020). Pasalnya KKN Kebangsaan ini dilaksanakan dengan mitra kerja sama di luar negeri.

KKN Kebangsaan tahun 2020 ini rencananya akan dilaksanakan di Jambi yang diikuti oleh 87 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Karena mewabahnya Covid-19 belum ada kejelasan terkait KKN tersebut.

Kepala UPT KKN  Ujang Khairul menjelaskan bahwa KKN ini terancam gagal, “Sebenarnya akan dilaksanakan pertemuan koordinasi untuk KKN ini Senin depan namun sekarang dibatalkan karena situasinya tidak memungkinkan. Akan tetapi, untuk pelaksanaan KKN belum ada kejelasan sampai sekarang,” katanya.

Sementara itu, KKN Reguler dan KKN Tematik akan tetap dipersiapkan meski pelaksanaannya masih di wilayah Sumbar. Persiapan tersebut seperti menanyakan kesiapan Nagari untuk mewadahi KKN dan survei lokasi oleh UPT KKN.

Ujang berharap, wabah Covid-19 ini berakhir sebelum dilaksanakannya KKN tahun 2020. Sebab, penundaan waktu KKN tidak efektif untuk dilakukan dan akan menyebabkan masa studinya lama.

“Walaupun kita tidak mengetahui keadaan ke depannya, kita tetap akan melaksanakan persiapan,” tegasnya.

Salah seorang mahasiswa Jurusan Teknik Pertanian 2017 Moh. Jalik Ardli Wibowo, yang akan melaksanakan KKN pada tahun ini, berharap agar ada kebijakan penundaan atau pengalihan KKN. “Jika Covid-19 ini masih mewabah, sebagai warga negara yang baik hendaknya kita menaati himbauan pemerintah untuk tidak banyak beraktivitas di luar rumah dan melakukan pengalihan atau penundaan dari pihak universitas untuk pelaksanaan KKN,” katanya.

Reporter : Gifra Sentia dan Fildzatil Arifa

Editor: Rahmadina Firdaus

Berita Lainnya

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here