Beranda Berita

Close House, Kandang Ayam Tertutup dengan Teknologi Canggih

Close house, atau kandang ayam tertutup ini, direncanakan rampung September nanti. (Foto: Anjasman Situmorang)

gentaandalas.com- Kandang ayam tertutup atau lebih dikenal dengan close house  Fakultas Peternakan, (Faterna), Universitas Andalas (Unand) ini, diperkirakan selesai di bulan September tahun ini. Close house ini merupakan kandang ayam broiler tertutup dengan sistem otomatis yang sudah dikendalikan dengan teknologi canggih, sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Hal itu disampaikan oleh Dekan Faterna, Unand, James Hellywad saat ditemui di ruangannya, Kamis (23/8/2018).

James menjelaskan bahwa, close house dapat digunakan untuk penelitian, riset, dan pembelajaran oleh seluruh mahasiswa yang ada di Unand. Meskipun demikian, ada syarat tertentu, seperti angkatan tahun keberapa.

“Meski dihibahkan untuk Faterna, tetapi tidak terkecuali kita manfaatkan untuk semua mahasiswa untuk belajar. Untuk mahasiswa FISIP, FIB, Hukum juga boleh, apalagi Ekonomi, Teknik juga boleh, karena di situ sistem pendinginan ruangan segala macam, Kedokteran apalagi,” kata James.

Lanjutnya, close house ini sangat efisien dan ramah lingkungan, tenaga kerjanya cukup tiga atau empat orang saja, karena semuanya otomatis.  “Ini yang tercanggih saat ini dengan kapasitas dua puluh ribu ekor. Memberikan makanan, minum, obat-obatan, vitamin itu otomatis semua. Suhunya pun bisa dikontrol, bisa panas, bisa dingin,” ujarnya.

Tidak hanya memberikan teori, kata James, kandang ayam tertutup tersebut juga dapat dijadikan sebagai tempat praktik untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship. Mulai dari anak ayam, penen, berapa banyak ayam dan berapa hasil yang diperoleh, semua dihitung sehingga jiwa pengusaha semakin terasah.

James mengatakan, matakuliah yang ada di Faterna ada yang berkaitan dengan close house tersebut. Diantaranya, Pemasaran atau marketing, Enterpreneur, Manajemen Produksi, Nutrisi, dan Teknologi Hasil Ternak.

Dosen Peternakan, Fauzia Agustin mendukung pembangunan close house tersebut. Menurutnya, itu dapat digunakan untuk pembelajaran mahasiswa, karena dilengkapi dengan teknologi yang tidak lagi seperti pemeliharaan konvensional,” ujarnya.

Mahasiswa Peternakan, Frisdon, mengatakan bahwa pembangunan close house tersebut sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran dan ternak ayam.

“Pembangunan kandang Close house itu bagus, khusunya untuk mahasiswa Peternakan karena saat ini masih jarang ditemui kandang ayam yang bentuk close house. Dengan adanya pembangunan itu, mahasiswa dapat memanfaatkannya untuk media pembelajaran dan pemeliharaan ternak ayam,” ujarnya.

Senada dengan itu, Tiwi, mahasiswa Peternakan, mengatakan bahwa dengan pembangunan close house tersebut dapat membantu mahasiswa akhir yang sedang penelitian.

Reporter: Anjasman Situmorang dan Nurul Pratiwi

Editor : Juni Fitra Yenti

 

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here