Mahasiswa angkatan 2022 melakukan check-in asrama sebelum menempatinya di Asrama PU PERA 3, Selasa (19/7/2022). (Genta Andalas/Suhada Tri Marneli)

Padang, gentaandalas.com- Mahasiswa baru Universitas Andalas (Unand) angkatan 2022 melakukan check-in asrama mulai 18-29 Juli 2022. Kepala UPT Asrama Unand Muhammad Hendri mengatakan asrama Unand akan ditempati sebanyak 1.500 mahasiswa dengan jumlah mahasiswa KIP-K sebanyak 482 mahasiswa yang akan dikurangi mahasiswa KIP-K Kota Padang, serta 38 mahasiswa afirmasi.

Check-in SNMPTN dimulai dari tanggal 18-23 Juli 2022 dan jalur SBMPTN 25-29 Juli mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan jalur mandiri belum ada jadwal masuknya,” jelas Hendri saat diwawancarai Genta Andalas pada Selasa, (19/7/2022).

Lebih lanjut, Hendri menjelaskan asrama diprioritaskan bagi mahasiswa KIP-K, Adik Papua, dan difabel. Selain itu, asrama juga akan ditempati oleh 300 mahasiswa yang melakukan pertukaran pelajar di Unand.

“Total yang akan check-in untuk KIP-K SNMPTN sebanyak 482 mahasiswa, afirmasi 38 orang. Mahasiswa harus mengisi surat pernyataan tanda masuk asrama menggunakan foto dan fotocopy KTP. Sedangkan untuk vaksin tidak lagi menjadi syarat masuk asrama,” tutur Hendri.

Hendri menjelaskan alur check-in asrama diawali dengan melapor ke posko penerimaan mahasiswa asrama yang terletak di asrama PU PERA 3, kemudian akan dibagikan penempatan kamar yang selanjutnya baru bisa masuk ke asrama yang telah diberikan. Selain itu, penempatan asrama akan dibaur meskipun berasal dari berbagai daerah yang berbeda.

Panitia penerimaan mahasiswa asrama, Mutia Rahmi mengatakan terdapat kendala yang dialami selama check-in asrama yakni tidak adanya denah penunjuk lokasi. Mahasiswa baru yang baru datang terkadang langsung ke asrama, padahal belum ke posko untuk penentuan asrama. Selain itu, data mahasiswa yang masuk asrama baru didapatkan pada hari kedua check-in. Oleh sebab itu, dalam pembagian asrama harus melalui posko terlebih dahulu untuk mengetahui kamar serta asrama mahasiswa.

“Kendala lainnya yaitu ada informasi dari BEM fakultas yang tidak sama dengan pihak asrama sehingga ada kebingungan dari mahasiswa. Informasi resmi tentang check-in asrama hanya dari instagram asrama Unand dan website asrama Unand,” jelas Mutia.

Mahasiswa Ilmu Hukum angkatan 2022 Lisa Eka Putri yang melakukan check-in mengatakan tidak ada kendala yang dirasakan selama proses check-in. Menurutnya, informasi terkait asrama banyak didapatkan dari kakak tingkat. “Besar harapannya nanti bisa berbaur bersama teman-teman asrama yang lainnya,” tutupnya.

 

Reporter: Suhada Tri Marneli dan Nurul Annisa Azwir

Editor: Natasya Salsabilla Festy

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here