Beranda Berita

Cegah Radikalisme Mulai Dari Kampus

Kuliah umum bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Convention
Hall Universitas Andalas, Jumat (2/2/2018).

gentaandalas.com- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengajak mahasiswa dan lingkungan kampus untuk terlibat secara aktif dalam upaya menanggulangi paham radikalisme dan terorisme.

“Saya mengajak mahasiswa dan kampus terlibat aktif dalam upaya menanggulangi paham radikalisme dan terorisme, terutama jika telah mulai teridentifikasi ada pergerakan di kampus,“ katanya saat memberikan kuliah umum di Gedung Convention Hall Universitas Andalas, Jumat (2/2/2018).

Suhardi menyebutkan lingkungan kampus tidak luput dari paham radikalisme. Hal tersebut didasarkan hasil identifikasi beberapa kampus. Mahasiswa tersebut telah tersusupi paham radikalisme dan terorisme.

BACA JUGA:  Ikamadiksi Unand Adakan GEMBIRA 2019 antar Universitas se-Indonesia

Ia mengatakan perlunya peran generasi muda dan civitas akademika untuk menjadi agen pencegah radikalisme, serta mempunyai naluri rasa kebangsaan dalam merespon dinamika di masyarakat.

Perlu dilakukan peningkatan kewaspadaan, kata Suhardi, melalui pendekatan kultural seperti pendidikan, keluarga dan komunitas serta juga perlu peran lembaga pendidikan guru dan kurikulum dalam memperkuat wawasan kebangsaan dan sikap toleran pada generasi muda.

Keluarga, lanjut Suhardi, berperan dalam menanamkan cinta dan kasih sayang kepada generasi muda dan sebagai unit konsultasi. Selain itu, komunitas berupa ormas dan tokoh masyarakat di lingkungan juga berperan dalam menciptakan ruang kondusif agar terciptanya budaya damai dan siaga terhadap gejala radikalisme.

BACA JUGA:  Unand Dapat Kesempatan Ikutkan Mahasiswanya dalam KKN Kemendes

Reporter : Juni Fitra Yenti

Editor      : Endrik Ahmad Iqbal

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here