Beranda Berita

BIDIK FIB Kenalkan Karakter Islami pada Maba

Ustadz Fadlab saat memberikan materi dalam acara BIDIK, Sabtu (22/09/2018). (Foto: Panitia).

gentaandalas.com- Forum Studi Islam (FSI) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas (Unand) mengadakan acara Bimbingan Dasar Islam Komprehensif (BIDIK) bagi Mahasiswa Baru (Maba). Acara ini mengusung tema “Rekatkan Ukhuwah dan Rapatkan Barisan untuk Guncang Peradaban” yang berlangsung dua hari yaitu Sabtu (22/9/2018) hingga Minggu (23/9/2018) di Gedung F 1.5 Unand.

Ustad Fadlan selaku pemateri, memberikan materi yang berkaitan dengan Ghazwul Fikri, yang berarti perang pemikiran pada akhir zaman dan terjadi di kalangan mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut, Fadlan mengatakan bahwa perang pemikiran disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi, jauhnya dari Al quran dan sunnah, meragukan kebenaran,  perpecahan umat, dan ikut-ikutan terhadap perkembangan zaman. Sedangkan, faktor eksternal dikarenakan pengaruh iblis dan pertempuran hak dan batil.

Fadlan mengatakan bahwa tujuan Ghazwul Fikri  ini hanyalah untuk merusak akhlak seseorang,  menghancurkan fitrah atau idealis, melarutkan kepribadian,  dan menyebabkan seseorang murtad. “Cara menghadapi Ghazwul Fikri dalam konteks mahasiswa adalah niat yang baik, memantapkan skill melalui membaca dan menulis, meningkatkan loyalitas, dan istiqomah untuk diri sendiri,” tuturnya dalam penyampaian materi.

Hamza Afra Joneidi, selaku Ketua Panitia menuturkan tujuan dari acara BIDIK adalah mengeksplorasi kembali karakter dan potensi Maba. Berbagai cara dilakukan mulai dari memberitahukan bagaimana cara yang benar dalam bertarbiyah,  ukhuwah islamiyah, dan cara manajemen waktu dalam berorganisasi, karena masih banyak Maba yang belum bisa mengatur waktunya dengan baik.

Melalui acara ini, Hamza berharap Maba dengan karakter yang masih berjiwa anak sekolah bisa lebih mengenal dirinya dan menyadari perannya sebagai mahasiswa. “Saya juga berharap dengan mengenalkan karakter islami pada diri Maba, diharapkan memunculkan hasil yang terbaik serta mendapat rahmat dan amal jariyah,” katanya.

Peserta BIDIK, Rilen Dicki, Maba Jurusan Sastra Indonesia mengatakan acara ini sangat menarik dan bagus diikuti oleh Maba. “Dengan adanya acara ini dapat menambah wawasan serta pengalaman baru bagi saya, karena disini saya dilatih untuk kompak, bersosialisasi dengan orang banyak, dan mempererat hubungan silaturahmi,” ujarnya.

Reporter: Ramadhanil Fajri dan Mita Mailini

Editor: Pitnia Ayu Saputri

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here