Beranda Berita

Biaya SP di Faperta Bertambah di Tahun Ini

 

Kasubag akademik, Faperta, F. Lenita Rias, saat ditemui di ruangannya, Senin (9/7/2018).

gentaandalas.com- Biaya sistem pengajuan Semester Pendek (SP) di Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Andalas (Unand) tahun ini bertambah dari tahun sebelumnya. Tahun lalu biaya SP sebesar Rp 75.000/SKS, sedangkan tahun ini biaya SP sebesar Rp 100.000/SKS. Hal tersebut dikarenakan alat-alat praktikum yang naik.

Kasubag akademik, Faperta, F. Lenita Rias, mengatakan mahasiswa penerima bidikmisi tetap membayar SP karena itu di luar tanggung jawab pemerintah, selain biaya awal masuk kuliah hingga berakhirnya ujian kompre, maka biaya SP dan wisuda di luar biaya bidikmisi.

“Mahasiswa Bidikmisi tetap membayar SP, karena SP tidak termasuk dalam Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT saat mendaftar awal hingga berakhirnya ujian kompre,” ujar Leni saat ditemui di ruangannya, Senin (9/7/2018).

BACA JUGA:  Kurikulum Baru, Angkatan 2016 Fakultas Pertanian Wajib Magang

Sistem pengajuan SP sama seperti tahun sebelumnya, mahasiswa mendaftar ke Prodi masing-masing. Kemudian, mahasiswa yang sudah mendaftar, namanya akan tertera di surat pengumuman yang di keluarkan dekan Faperta. Jika kurang dari 20 mahasiswa, maka kelas SP tidak dibuka. Maka, mata kuliah yang tertera di surat pengumuman itulah yang pendaftarnya lebih dari 20.

Leni menyarankan bagi mahasiswa yang praktikumnya lulus, seharusnya tetap melaksanakan praktikum pada SP ini. Namun, ketentuan tersebut diserahkan ke masing-masing dosen pengampuh mata kuliah. Penentuan dosen pengajar SP dilihat dari kesediaan dosen untuk mengajar.

BACA JUGA:  Universitas, Wadah Pertama untuk Demokrasi

“Praktikum itu tergantung dosennya, tapi seharusnya dilaksanakan. Penentuan dosennya apakah dosennya bersedia mengajar SP atau tidak,” ujarnya.

Salah satu mahasiswa Jurusan Agribisnis, Gusma Winda merasa keberatan dengan naiknya pembayaran SP tahun ini, “Saya lumayan keberatan, karena dibanding tahun kemarin jauh banget naiknya,” tuturnya.

Reporter : Zurriati Fadilla dan Nurul Fatimah

Editor : Juni Fitra Yenti

 

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here