Beranda Gentainment Karya Calon Anggota

Biaya Pendidikan Maba Mandiri Unand 2019 Naik, Inflasi Jadi Penyebabnya

Surat Keputusan Rektor Unand tentang Penetapan Biaya Pendidikan Maba Mandiri 2019. (Foto: Muhammad Fikri)

 

gentaandalas.com- Unand resmi menaikkan biaya pendidikan untuk mahasiswa baru (Maba)  jalur mandiri 2019. Wakil Rektor I Unand Dachriyanus mengatakan kenaikan tersebut disebabkan oleh inflasi. Kenaikan ini merupakan hasil keputusan rapat antara pihak pimpinan Unand dengan seluruh pihak fakultas dan  kenaikan pertama semenjak delapan tahun terakhir terhitung dari  tahun 2012.

“Kenaikan ini sudah lama diajukan ke Kementerian, karena harga kebutuhan untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas kampus tidak sebanding lagi dengan biaya yang ada,” kata Dachriyanus di Fakultas Farmasi Unand, Selasa (9/7/2019).

Dachriyanus mengungkapkan naiknya biaya pendidikan maba jalur mandiri akan berpengaruh terhadap biaya pendidikan maba jalur SNMPTN dan SBMPTN, karena biaya pendidikan level tertinggi maba jalur SNMPTN dan SBMPTN merupakan biaya pendidikan maba jalur mandiri.

Dachriyanus menuturkan, perubahan biaya pendidikan maba Unand jalur mandiri 2019 merupakan tindak lanjut dari himbauan Kemenristekdikti lima tahun terakhir agar mengusulkan perubahan biaya pendidikan di Unand. Namun, untuk maba jalur SNMPTN dan SBMPTN sampai sekarang belum ada kejelasan.

BACA JUGA:  Aksi Lanjutan Aliansi BEM Sumbar, Gubernur Tandatangani Tuntutan Mahasiswa

“Perubahan biaya pendidikan maba SNMPTN dan SBMPTN sebenarnya sudah diajukan ke Kemenristekdikti, namun SK-nya belum keluar,” tutur Dachriyanus.

Meskipun jumlah uang yang harus dibayarkan maba mandiri terhadap biaya pendidikan ditambah dengan uang pengembangan institusi terbilang tinggi, lanjut Dachriyanus, maba tetap bisa mengajukan Bidikmisi. Hal ini selalu terjadi setiap tahunnya, namun memang tidak banyak mahasiswa yang mengajukan.

Senada dengan itu, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unand Syafwardi mengungkapkan naiknya biaya pendidikan adalah sesuatu yang wajar. Unand menaikkan biaya pendidikan  karena inflasi.

“Kita beli alat – alat labor tentukan harganya tidak sama setiap tahunnya, jadi kenaikan yang ada bersifat menyesuaikan sesuai kebutuhan,” ungkap Syafwardi.

BACA JUGA:  Polemik BEM KM Unand, DPM KM Unand Rekomendasikan Presma Unand Undur Diri

Wakil Rektor II Unand Syafrizal mengatakan dalam pengelolaan biaya pendidikan, uang yang masuk ke Unand akan dikelola oleh Wakil Rektor II sesuai dengan peraturan Kementerian Keuangan dan Kemenristekdikti, yaitu dari 100 persen uang yang masuk, 30 persen uang untuk pihak rektorat dan 70 persennya untuk fakultas masing-masing.

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Andalas, Nomor 2114/UN.16R/XIV/KPT/2019 tentang Penetapan Tarif Biaya Pendidikan dan  Pengembangan Institusi (PI) Mahasiswa Jalur Mandiri Universitas Andalas tahun 2019, tampak kenaikan biaya pendidikan yang begitu signifikan. Biaya pendidikan mahasiswa jalur mandiri di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) meningkat 83,3 persen, dari Rp3.000.000 menjadi Rp5.500.000.

Reporter : Muhammad Fikri dan Nindi

Editor : Nurul Pratiwi

 

 

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here