Beranda Berita

Bergaya Ala Eropa, Farm House Tawarkan Rekreasi Unik dan Instagramable

Dua orang sedang berbelanja di sebuah toko berarsitektur Eropa klasik di Farm House, Lembang, Jawa Barat, Minggu (22/12/2019). (Foto : Indah Ariesta Gusra)

Indah Ariesta Gusra*

Lembang, Jawa Barat, siapa yang tidak tahu dengan daerah yang memiliki banyak sekali tempat wisata ini. Berlokasi di Utara Bandung, Lembang menyuguhkan berbagai tempat rekreasi untuk para wisatawan yang ingin mencari lokasi wisata dengan budget yang murah dan tempat yang menyatu dengan alam. Lembang sendiri bisa dikatakan menjadi pusat wisata di Jawa Barat. Dari berbagai tempat wisata yang ditawarkan, Farm House menjadi salah satu tempat favorit yang selalu dikunjungi oleh wisatawan.

Farm House Lembang sudah menjadi tempat wisata di Lembang sejak tahun 2015 lalu. Farm House ini dibangun dengan gaya ala Eropa disetiap bangunannya. Tempat ini memiliki banyak sekali spot untuk berfoto bagi para wisatawan. Tidak hanya itu, disini juga disediakan penyewaan baju tradisional ala Eropa dan juga ada beberapa hewan yang diternakan untuk menjadi edukasi bagi anak-anak, seperti domba, sapi perah, hewan reptil, musang dan kelinci.

Untuk masuk ke Farm House, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 25.000 rupiah untuk satu orang. Tiket masuk yang sudah didapatkan oleh pengunjung bisa ditukarkan dengan satu cup susu murni dengan berbagai rasa, seperti rasa vanila, strowberi, cokelat dan original atau juga bisa ditukarkan dengan sosis bakar. Lokasi yang yang terbuka sehingga rentan akan terkena hujan bagi pengunjung yang datang, para pengelola juga menyediakan tempat penjualan mantel dengan harga yang cukup terjangkau.

Jarak kosan saya yang berada di Jalan Buni Asih Lembang menuju Farm House hanya sekitar 3,9 Km. Saya yang saat sore itu tidak tahu akan pergi kemana, memutuskan untuk pergi ke Farm House dengan teman saya. Cuaca yang saat itu tidak bersahabat dikarenakan hujan, tidak membuat semangat saya dan teman saya luntur untuk kesana. Sesampainya dilokasi, saya memutuskan untuk membeli mantel agar tetap bisa menyusuri tempat yang sangat instagramable ini. Farm House ini beroperasi sampai pukul 20.00 WIB.

Setelah mendapatkan tiket masuk, saya memutuskan untuk menukarkan tiket tersebut dengan susu murni, kali ini saya memilih rasa strowberi. Setelah itu saya melanjutkan perjalanan untuk mengitari Farm House ini, spot yang pertama kali saya hampiri itu ada air terjun mini. Di air terjun ini lokasi nya sangat bersih dari sampah, airnya yang bersih dan jernih membuat kita bisa melihat dasar dari air terjun mini tersebut.
Dari lokasi air terjun mini itu, saya melihat berbagai macam pohon yang sangat rindang yang tentu saja membuat tempat ini sangat sejuk dan asri. Selama menyusuri tempat ini, dikiri dan kanan saya berdiri bangunan yang difungsikan sebagai tempat untuk jualan souvenir, cafe, toko roti dengan bangunan bergaya ala Eropa, ini lah yang menjadi daya tarik untuk pengunjung, tidak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk mencari spot foto seperti ini.
Bila pengunjung ingin merasakan bagaimana berpakaian tradisional seperti orang Eropa, di Farm House ini juga menyediakan penyewaan baju tersebut. Dengan budget 50.000 rupiah, pengunjung bisa memakai baju tersebut selama satu jam untuk berfoto di semua spot yang ada disana. Selain itu, ada juga rumah hobbit ala hobbiten di New Zealand. Rumah ini memang dibuat sangat mirip seperti di film asli nya. Untuk masuk pun, kita harus membungkukan badan terlebih dahulu. Rumah hobbit ini juga menjadi tempat terfavorit untuk berfoto dan di upload di sosial media.
Selain untuk tempat berfoto, di Farm House ini juga menyediakan tempat untuk edukasi anak, seperti peternakan sapi perah dan domba. Untuk sapi perah sendiri di Farm House ada anak sapi FH, pengunjung bisa membantu memberi susu pada anak sapi ini. Lalu ada domba yang juga diternakan di Farm House ini, bagi pengunjung yang ingin memberi makan bisa saja memberikan sayuran seperti wortel pada domba ini. Bagi pengunjung yang membawa anak kecil, tidak perlu khawatir dengan hewan yang diternakan di Farm House ini, karena sangat aman dan memang diperuntukan untuk anak-anak sambil melatih keberanian anak untuk mendekatkan diri dan mengenal hewan.

Tak terasa saat itu hari sudah menunjukkan pukul 19.30 WIB, dan sudah saat nya saya dan teman-teman saya untuk kembali ke kosan. Pemandangan malam yang disuguhkan di Farm House ini memang memanjakan mata dan membawa kita seakan-akan benar-benar sedang berada di Eropa. Jadi, bagi anda yang suka dengan tempat wisata yang menyatu dengan alam dan ingin sekali pergi ke tempat yang mempunyai unsur ala Eropa dengan berbagai spot untuk berfoto dan juga mempunyai tempat untuk edukasi anak, anda bisa memilih Farm House sebagai tempat tujuan untuk wisata dengan keluarga dan teman-teman.

*Penulis merupakan Mahasiswi Jurusan Peternakan, Fakultas Peternakan angkatan 2017 Universitas Andalas.

Berita Lainnya

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here