Beranda Berita

BEM KM Unand Adakan Nonton Bareng G30SPKI

Peserta nonton bareng sedang fokus menyaksikan film G30SPKI, Rabu (3/10/2018).

gentaandalas.com- Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan sebagi pengingat agar mahasiswa tidak buta akan sejarah G3OSPKI, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM Unand) menggelar acara nonton bareng film Pengkhianatan G30SPKI di gedung seminar Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unand, Rabu (3/10/2018).

Film yang berdurasi 3 jam 53 menit ini menceritakan tentang kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI) di zaman pemerintahan Presiden Soekarno yang ingin menguasai Indonesia, tepatnya pada tahun 1965.

BACA JUGA:  Pameran Khazanah Minangkabau Tampilkan Manuskrip dan Karya Penulis Sumbar

Ketua bidang kastrat BEM KM Unand, Dede Hasgar, menyampaikan tujuan diadakannya acara nonton bareng ini adalah agar mahasiswa tidak buta sejarah G30SPKI. “Terlepas dari isu kebangkitan PKI yang lagi booming, mahasiswa harus paham dengan sejarah G30SPKI ini, agar mahasiswa mengetahui alasan mengapa PKI itu berbahaya,” kata Dede.

Agista Fitsyah Putri selaku staff Kementerian Sosial dan Politik BEM KM Unand menambahkan pentingnya menonton film ini agar kedepannya Indonesia tidak mengulangi masa kelam yang seperti dulu.

BACA JUGA:  Fast Week LKIM yang Ke-20

Disisi lain, Diana mahasiswa jurusan Kimia angkatan 2018 merasa cukup penasaran dengan film G30SPK tersebut. “Mau cari tau aja kenapa film ini sempat dilarang penayangannya. Selain itu, film ini juga memberi tahu tentang bahayanya PKI tersebut,” ujar Diana.

 

Reporter : Anggi Putri Rizkya dan Nurul Pratiwi

Editor: Endrik Ahmad Iqbal

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here