Beranda Berita

Beasiswa Bidikmisi dan ADIK Papua Cair Akhir Maret

 

Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni Unand, Destrinita. Foto : (arsip gentaandalas)

gentaandalas.com- Beasiswa Bidikmisi direncanakan cair akhir Maret ini, sementara itu beasiswa ADIK Papua cair seminggu sebelum Bidikmisi karena jumlahnya sedikit, hanya 53 orang. Hal itu disampaikan oleh Kasubag Kesejahteraan Mahaasiswa dan Alumni Unand, Destrinita, saat ditemui di ruangannya, Senin (11/03/2019).

Terkait hasil validasi Bidikmisi pada Februari lalu, Destrinita mengatakan bahwa belum ada dilakukan pencabutan Bidikmisi di semester ini. “Belum ada kita mencabut Bidikmisi semester ini. Karena di awal sudah tanda tangan kontrak. Kalau ada yang di bawah target kontrak IPK nya, maka akan diberi Surat Peringatan (SP),” ujarnya.

Tidak hanya diberi SP, mahasiswa yang bersangkutan juga dipanggil untuk mengonfirmasi terkait IPK yang tidak mencapai standar yang telah ditetapkan. Lanjutnya, mahasiswa tersebut diberi peringatan dan dinasehati agar bisa meningkatkan prestasi. Seandainya sampai 3 kali tidak ada peningkatan nilai, otomatis dicabut Bidikmisinya.

Wanita yang akrab disapa Buk Ing ini menuturkan kalau sudah memasuki minggu ketiga Maret, Bidikmisi belum juga cair, barulah patut dipertanyakan. “Biasanya saya selalu konfirmasi pihak Bank Mandiri pusat untuk pencairan ini. Jadwalnya sudah ada, kira-kira minggu depan saya akan tanya ke Dikti, SPBy (Surat Perintah Bayar) dari KPN nya sudah siap atau belum. Sekarang belum jadwalnya, dari Dikti masih proses ke Bank,” tuturnya.

Saat ini, kata Destrinita, Bidikmisi tidak lagi memakai sistem cair tiap 3 bulan. “Kalau bulan Desember Dikti tutup buku , susah jika ada return yang akan diurus, kemana akan diperbaiki karena sudah tutup buku. Kalau sistem 6 bulan seperti ini, uang sudah masuk ke rekening, misalnya bulan April kalaupun ada return, bisa diperbaiki segera,” ujarnya.

Destrinita menambahkan, Bidikmisi periode Januari, Februari, dan Maret ini akan dicairkan pada bulan Maret, dan 3 bulan lainnya diblokir sementara atau ditahan oleh pihak bank. Periode April nanti akan dicairkan bulan Mei, dan periode Mei akan dicairkan bulan Juni, sedangkan selanjutnya akan dicairkan bulan September.

Reporter : Nurul Pratiwi dan Vivi Oktaviani
Editor : Juni Fitra Yenti

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here