Beranda Berita

Aplikasikan Ilmu untuk Indonesia Bebas Karies tahun 2030

Tanah Datar, gentaandalas.com- Mendukung cita-cita Indonesia bebas karies gigi tahun 2030 sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Andalas (Unand) mengadakan Bakti Sosial (Baksos) wilayah. Acara ini sukses dihelat di Nagari Supayang, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar selama dua hari pada 15-16 Februari 2020.

Ketua Panitia Zuha Daffa Ulhaq mengatakan nagari Supayang dipilih karena merupakan salah satu nagari dengan tingkat kesehatan gigi dan mulut yang rendah.

“Tingkat karies yang tinggi dan adanya akses untuk mengadakan kegiatan cocok dengan yang kami butuhkan,” katanya.

Kegiatan ini meliputi pengobatan gigi gratis seperti tambal gigi, cabut gigi, dan pembersihan karang yang ditargetkan dapat menjangkau 400 orang, baik dari kalangan dewasa maupun anak-anak. Alur pemeriksaan dimulai dengan skrining untuk pemeriksaan awal, kemudian pemeriksaan lanjutan sesuai dengan masalah kesehatan yang diderita. Baksos ini didampingi oleh dosen-dosen dari FKG Unand.

Berikut rangkaian kegiatan yang berhasil diabadikan kru Genta Andalas.

Penampilan Tari Pasambahan dalam kegiatan Bakti Sosial di Nagari Supayang, Kecamatan Silampaung, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (15/2/2020). (Genta Andalas/Icha Putri)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar Yesrita Zedrianis mengambil sirih dalam carano saat penyambutan tamu acara Baksos di Nagari Supayang, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (15/2/2020). (Genta Andalas/Icha Putri)
Kepala dinas kesehatan Kabupaten tanah datar, Yesrita Zedrianis saat memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara di SD Negeri 16 Supayang, Nagari Supayang, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (15/2/2020). (Genta Andalas/Icha Putri)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, Kepala Dinas Pendidikan, Camat, serta Dekan FKG Unand saat menghadiri pembukaan Baksos di SD 16 Supayang, Nagari Supayang, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (15/2/2020). (Genta Andalas/Dian Fitri Yova)
Masyarakat sekitar melakukan pendaftaran untuk pemeriksaan gigi di SD Negeri 16 Supayang, Nagari Supayang, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten tanah datar, Sabtu (15/2/2020). (Genta Andalas/Icha Putri)
Seorang warga sedang melakukan pemeriksaan gigi dalam kegiatan Bakti Sosial di SD 16 Supayang, Nagari Supayang, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (15/2/2020). (Genta Andalas/Dian Fitri Yova)

 

Reporter : Icha Putri dan Dian Fitri Yova

Editor : Linda Susanti

Berita Lainnya

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here