Beranda Berita

Alek Pacu Jawi, Kesenian Khas Kabupaten Tanah Datar

gentaandalas.com- Alek Pacu Jawi merupakan salah satu tradisi khas dari Kabupaten Tanah Datar. Pacu jawi hanya dilaksanakan di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Datar yaitu Kecamatan Pariangan, Kecamatan Rambatan, Kecamatam Limo Kaum, dan Kecamatan Sungai Tarab secara bergiliran. Untuk pelaksanaan Alek Pacu Jawi kali ini bertempat di Jorong Koto Baru, Kenagarian Batu Basa, Kec. Pariangan, Kab. Tanah Datar semenjak 16-30 November 2019.

Dalam pelaksanaannya Alek Pacu Jawi dilakukan pada lahan sawah yang belum ditanam. Lahan sawah yang digunakan adalah sawah yang tergenang atau berair. Masing-masing peserta lomba akan mendaftarkan jawinya dan akan diiringi oleh joki dibelakangnya. Keunikan dari pacu jawi adalah sang joki harus menggigit ekor jawi agar jawi dapat berlari dengan kencang.

Selain itu juga disiapkan tenda untuk penampilan seni dari anak nagari yang sedang menjadi tuan rumah pada Alek Pacu Jawi.

 

Kegiatan Lomba pacu jawi pada acara Alek Pacu Jawi, Sabtu(30/11/19). (Foto : Gefi Zulmiati Lannur)
Pertunjukan musik talempong pada acara Alek Pacu Jawi, Sabtu(30/11/2019). (Foto : Gefi Zulmiati Lannur)
Pembukaan talam untuk makanan selama acara Alek Pacu Jawi untuk tamu yang datang, Sabtu (30/11/2019). (Foto : Gefi Zulmiati Lannur)
. Penampilan seni tari piring dari anak nagari tuan rumah acara Alek Pacu Jawi, Sabtu(30/11/19). (Foto : Gefi Zulmiati Lannur)
Pertunjukan seni randai dari anak nagari tuan rumah acara Alek Pacu Jawi, Sabtu (30/11/2019). (Foto : Gefi Zulmiati Lannur)
Banyaknya pedagang yang berjualan di area pertandingan tengah sawah, (30/11/2019). (Foto : Gefi Zulmiati Lannur)

 

Reporter : Gefi Zulmiati Lannur
Editor: Suhada Tri Marneli

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here