Beranda Berita Liputan

Aksi Aliansi BEM Sumbar Warnai Pelantikan Anggota DPRD Sumbar 2019

Penyampaian Orasi dari salah seorang Orator di depan Kantor DPRD Sumbar, Rabu (28/08/2019). (Foto : Yashirly Mulyadi)

gentaandalas.com- Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se- Sumatera Barat (Sumbar) menggelar aksi atas pelantikan 65 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar di depan Kantor DPRD Sumbar, Rabu (28/08/2019). Aksi ini berisi tujuh tuntutan yang diajukan kepada Anggota DPRD Sumbar yang dilantik.

Adapaun tuntuan tersebut ialah terkait integritas dan komitmen bekerja untuk kepentingan rakyat, transparan dalam setiap kebijakan yang diterapkan, Bukti realisasi kerja setiap tiga bulan sekali, penggunaan anggaran secara efektif, mendesak tegas pemerintah eksekutif untuk menjalankan Perda Sumbar No. 8 Tahun 2012 tentang kawasan tanpa rokok, mendesak tegas pemerintah eksekutif untuk menjalankan Perda Sumbar No.3 tahun 2014 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan Provinsi Sumbar, dan terakhir terkait penyelesaian Perda Provinsi Sumbar.

Koordintor Lapangan Aksi Wahyu Pratama mengatakan bahwa aksi ini dilakukan berdasarkan kajian atas evaluasi kinerja DPRD yang lama.

BACA JUGA:  Segi Positif dan Negatif PTN-BH Unand

“Perlu dilakukan aksi ini karena berdasarkan kajian BEM Sumbar, masih banyak kinerja DPRD sebelumnya yang masih belum terjalankan secara maksimal,” kata Wahyu.

Lebih lanjut, Wahyu menjelaskan bahwa aksi ini juga bertujuan untuk mendesak pemerintah akan kejelasan Peraturan Daerah (Perda), seperti Perda tentang LGBT.

Menanggapi aksi tersebut, Pimpinan sementara DPRD Sumbar Desrio Putra, mengatakan aksi ini tidak seharusnya dilakukan dan bisa didiskusikan dengan baik.

“Kalau memang ada pendapat yang ingin disampaikan bisa melalui sekretaris dewan dan tidak harus demo seperti ini,” ujar Desrio.

Ia juga memberikan tanggapan terkait tuntutan mengenai LGBT yang masih terjadi di Sumbar akan segera menindaklanjuti Perda mengenai LGBT yang akan didiskusikan bersama gubernur Sumbar.

Reporter : Vivi Oktaviani dan Yashirli Mulyadi

Editor : Ramadanil Fajri

Pilihan Editor

1 KOMENTAR

  1. Begitu dong mahasiswa Unand… ketika sebasah apapun bumi disiram penguasa.. maka api abadi berupa idealisme dan pergerakan mahasiswa harus tetap hidup..karena kesanalah arah dan mata rakyat tertuju, idealisme mahasiswa mercusuar terakhir bagi rakyat. Hidup adik2 Mahasiswa 馃憤

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here