Kepala Bagian Kemahasiswaan Yusdial saat diwawancarai Genta Andalas di Gedung PKM lt 2 pada Senin (1/11/2021). (Genta Andalas/Dian Mardhiyyah)

Padang, gentaandalas.com- Pencairan beasiswa Bidikmisi Universitas Andalas (Unand) dilakukan hari ini, Senin (1/11/2021). Hal ini dikonfirmasi oleh Cash Outlet Manager Bank Mandiri Cabang Limau Manis, Dira Mizain. Dira mengatakan bahwa dana beasiswa Bidikmisi diturunkan dari pusat hari ini. Dana beasiswa langsung dikirimkan ke rekening mahasiswa penerima dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

“Saat ini sedang proses pencairan, dan sudah ada beberapa yang cair ke rekening mahasiswa,” ungkap Dira saat diwawancarai Genta Andalas via WhatsApp pada Senin (1/11/2021).

Lebih lanjut, Dira menjelaskan bahwa bagi mahasiswa yang menerima bidikmisi diminta untuk menunggu dikarenakan pihak Bank sedang dalam proses pencairan dana Bidikmisi ke 4000 rekening mahasiswa. Pencairan akan dilakukan secara bertahap untuk mengurangi kesalahan.

Kepala Bagian Kemahasiswaan, Yusdial menegaskan proses pencairan dana beasiswa Bidikmisi ada di pusat. “Dari pusat langsung dikirimkan ke rekening mahasiswa, jadi tidak ada masuk ke rekening rektor,” jelas Yusdial saat diwawancarai Genta Andalas, Senin (1/11/2021).

Pihak kemahasiswaan Unand mendata KRS dan KHS mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi setiap semester untuk diajukan nama-namanya ke pihak pusat ketika awal semester. Yusdial mengatakan ada kendala pada pendataan KRS dan KHS mahasiswa pada awal semester Ganjil 2021/2022, berupa lamanya mahasiswa mengisi KRS sehingga pengiriman data ke pihak pusat sempat tertunda.

“Seharusnya bulan Agustus sudah bisa kita kirimkan datanya, tapi karena belum lengkap dikirimkan bulan September,” kata Yusdial.

Disamping itu, Yusdial menambahkan waktu pencairan beasiswa Bidikmisi sudah tertera dalam kontrak kinerja penerima Bantuan Biaya Bidikmisi, yakni dibayarkan 6 (enam) bulan sekali terhitung semenjak perkuliahan dimulai.

Salah satu mahasiswi Antropologi Sosial mengatakan tidak mengetahui bahwasannya pencairan dana beasiswa Bidikmisi dilakukan hari ini.

“Saya salah satu penerima Bidikmisi sampai saat ini Bidikmisi masih belum ada kabar yang pasti cairnya kapan,” katanya saat diwawancarai melalui WhatsApp. Ia berharap ada kepastian terkait waktu pencairan dana beasiswa Bidikmisi.

Reporter: Natasya Salsabila Festy dan Dian Mardhiyyah
Editor: Suhada Tri Marneli

1 KOMENTAR

  1. Perguruan POLITEKNIK PALU kapan pak? Kami menderita di tanah rantau apalagi yang mahasiswa semester 5 sekrang ini lagi turun magang di luar provinsi. Saya harap di mengerti keadaan kami sekrang pak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here