Beranda Berita Liputan

DPL Belum Pasti, Lokasi Penempatan KKN Reguler 2019 Diumumkan Usai Lebaran

PU KKN Syamsuardi saat memberikan informasi mengenai lokasi KKN di sekretariat PU-KKN Unand, Rabu (25/4/2018)

gentaandalas.com- Informasi penempatan KKN Reguler Universitas Andalas (Unand) 2019 akan diumumkan pada minggu kedua Juni 2019. Lokasi KKN regular saat ini tersebar di 169 nagari di Sumatera Barat. Sedangkan survei awal ke lokasi KKN akan dilakukan pada minggu ketiga dalam bulan yang sama. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Umum Pengelola Unit Kuliah Kerja Nyata (PU-KKN) Syamsuardi, saat ditemui di sekretariat PU-KKN Unand, Jumat (17/05/2019).

“Informasi lokasi KKN regular akan dimumkan pada minggu kedua sekitar tanggal 10-15 Juni dan survei awal pada minggu ketiga sekitar tanggal 17-22 Juni,” tutur Syamsuardi.

Lebih lanjut, Syamsuardi mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena proses penyeleksian nama-nama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan ditempatkan di setiap tempat KKN masih belum rampung.

“Sekarang sudah banyak yang mendaftar untuk menjadi DPL, tetapi saat ini masih menjalani proses penyaringan oleh PU KKN,” kata Syamsuardi.

Syamsuardi menjelaskan bahwa untuk pengumuman nama-nama DPL yang lulus seleksi akan diumumkan pada minggu ketiga Mei 2019 ini. Setelah DPL diseleksi dan dipastikan lokasi penempatannya, barulah dipertemukan mahasiswa dan DPL yang bersangkutan. Untuk survei, wajib dihadiri oleh DPL dan mahasiswa yang bersangkutan. Boleh seluruh mahasiswa di kelompok itu, atau hanya sebahagian mahasiswa. DPL wajib empat kali memantau mahasiswa bimbingannya langsung ke lokasi KKN.

Berbeda dari tahun sebelumnya, penempatan KKN di Kota Padang tahun ini mulai ditiadakan, akan tetapi diganti dengan program lain. Hal ini disebabkan karena PU-KKN ingin memfokuskan KKN berada di luar Padang.

“Untuk daerah Padang, saat ini PU-KKN sudah merancang program berupa pengabdian masyarakat yang bisa dikerjakan langsung dalam waktu singkat. Misalnya aksi penghijauan di pinggir pantai. Nanti akan bekerjasama dengan organisasi mahasiswa dan perwakilan mahasiswa KKN,” ujar Syamsuardi.

Reporter : Vivi Oktaviani

Editor : Ramadanil Fajri

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here