Beranda Berita Liputan

Pendaftaran Seleksi KKN Nasional dan KKN Internasional Sudah Dibuka

Syamsuardi, Direktur UPT KKN Unand, saat diwawancarai di ruangannya, pada Rabu (20/3/2019) (Foto : Zurriati Fadilla)

gentaandalas.com- Universitas Andalas (Unand) kembali membuka program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional dan KKN Nasional pada tahun 2019. Pemberian berkas-berkas KKN internasional akan dimulai sejak tanggal 20 – 29 Maret 2019, sedangkan KKN nasional akan dimulai tanggal 20 – 25 Maret 2019.

Direktur UPT KKN, Syamsuardi, mengatakan bahwa KKN internasional akan dilaksanakan di tiga negara yaitu Jepang, Malaysia, dan Vietnam. Proses penyeleksiannya dilakukan dengan dua jalur, yaitu jalur kompetitif dan jalur mandiri. Saat ditemui di ruangannya, pada Rabu (20/03/2019).

“Untuk jalur internasional kita akan memilih yang terbaik karena tidak hanya mewakili Unand, tetapi juga mewakili provinsi Sumatera Barat (Sumbar), serta mewakili negara Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kotak Amal Masjid Nurul Ilmi Unand Dibobol Maling

Ia menjelaskan bahwa kuota untuk jalur kompetitif hanya lima mahasiswa teratas dan lima mahasiswa ke bawah akan masuk jalur mandiri. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya penambahan dari jalur mandiri. Hal tersebut dikarenakan penyeleksian KKN ini dirangking.

Syamsuardi mengatakan bahwa untuk jalur kompetitif, biaya transportasi akan dibiayai setengah sedangkan jalur mandiri biaya transportasi ditanggung sendiri.

“Nantinya tentu ada yang tidak masuk ke dalam kategori jalur kompetitif, mereka ikut bersaing namun mereka tidak masuk rangking lima, maka tergantung mahasiswanya jika ingin tetap ikut akan digabungkan dengan jalur kompetetif, asal menurut UPT KKN mahasiswanya layak akan digabungkan, namun dengan biaya sendiri,” katanya.

BACA JUGA:  Pindahkan Jadwal Ujian, Unand Laksanakan UAS pada Minggu Tenang

Selanjutnya, pada tahun ini terdapat perbedaan KKN nasional dengan tahun sebelumnya yaitu lokasi KKN BKS Barat di Medan dan KKN Kebangsaan di Ternate. Sedangkan, KKN Bilateral tetap dilaksanakan di Makasar dan KKN Mentawai. KKN nasional mengalami perubahan tiap tahunnya sesuai permintaan dari universitas dan kesediaan pemerintah daerah itu sendiri.

Untuk kuota KKN kebangsaan hanya tiga mahasiswa. Namun, KKN Kebangsaan biaya transportasi akan dibiayai oleh pihak kampus. Sedangkan KKN Bilateral, KKN BKS Barat dan KKN Mentawai biaya transportasi dibiayai separuh oleh pihak kampus.

Reporter : Rani Aprianti dan Zurriati Fadilla

Editor : Ramadanil Fajri

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here