Beranda Berita

Perubahan Nama Jurusan Sistem Komputer Unand Masih dalam Proses

gentaandalas.com Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Andalas (Unand) masih dalam proses perubahan nama menjadi Teknik Komputer. Sampai saat ini, rencana perubahan nama jurusan Sistem Komputer sampai pada tahap pengiriman surat kepada senat fakultas. Setelah itu, dilanjutkan ke senat universitas. Namun proses ini tidak dapat dipastikan kapan selesainya.

Ahmad Syafruddin Indrapriyatna selaku Dekan FTI mengatakan bahwa secara ilmiah perubahan nama ini ditujukan untuk memperluas bidang kajian ilmu itu sendiri.

“Teknik Komputer berkaitan dengan yang lain, seperti teknik untuk memanfaatkan komputer, mencari data, mengontrol, memperbaiki sistem yang lain. Itu lebih tergambarkan dengan nama Teknik Komputer. Teknik Komputer juga dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan seperti mengontrol panas dan kecepatan mesin, sehingga dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang lain,” ujarnya saat diwawancarai kru genta andalas di ruangannya, Jumat (18/01/2019).

Syafruddin menjelaskan bahwa kesulitan alumni Sistem Komputer lolos CPNS turut menjadi pertimbangan perubahan nama jurusan. Pasalnya, minim kesempatan bagi lulusan Sistem Komputer untuk mendapatkan pekerjaan.

“Bukan CPNS saja. Lowongan pekerjaan jarang yang disebutkan Sistem Komputer, pasti Teknik Komputer. Dengan begitu, bidang kerja teman-teman alumni agak terbatas,” ujarnya.

Salah satu mahasiswa Jurusan Sistem Komputer, Hanadiah Pertiwi, mengatakan bahwa perubahan nama jurusan tersebut akan membantu mahasiswa ketika magang.

“Ketika magang kami ditempatkan tidak sesuai dengan apa yang kami pelajari, karena rata-rata orang mengira kami belajar tentang komputer sehingga sering ditempatkan di administrasi atau pengolahan data. Sementara, kami mendalami bagian hardware,” ujarnya

Reporter: Anjasman Situmorang dan Alfin Zernindo Prima

Editor : Ramadanil Fajri

Baca Juga yang Menarik Lainnya!

TINGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here